Indonesia Sentris: Membangun Potensi dan Generasi dari Pinggiran Pulau Pongok Bangka Selatan

Diskominfo/ Lulus
Kegiatan masyarakat Pulau Pongok, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Foto: Diskominfo Babel.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Masyarakat Indonesia tentunya sering mendengar frasa “Indonesia-Sentris”. Istilah yang dipopulerkan oleh Presiden Jokowi ini menegaskan visi pembangunannya yang tidak menganut perspektif Jawa-sentris. Perubahan perspektif ini terlihat jelas dari kebijakannya dalam Nawa Cita poin ketiga, yaitu “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.”

“Saya ingin mengajak kita semua untuk meneguhkan semangat para pendiri bangsa kita, bahwa Indonesia itu bukan hanya Jakarta, bukan hanya Pulau Jawa. Tetapi, Indonesia adalah seluruh pelosok tanah air, dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote,”  ujar Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan dalam rangka HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Depan Sidang Bersama DPD RI dan DPR RI, Jumat (16/8/2019), di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta.


Foto Pulau Pongok dari udara. Pulau ini terletak di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Foto: Diskominfo Babel.
 

Oleh karena itulah, Presiden mengatakan, pembangunan yang dilakukan harus terus Indonesia sentris yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat di seluruh pelosok nusantara.

Begitu pula di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dikenal sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang terdiri dari banyak pulau besar dan kecil. Pemerataan pembangunan yang diikhtiarkan oleh Indonesia Sentris tersebut, telah menyentuh Bumi Serumpun Sebalai hingga ke salah satu Pulaunya yaitu Kepulauan Pongok di ujung selatan Pulau Bangka.

Kepulauan Pongok adalah sebuah kecamatan baru dimekarkan dari Kecamatan Lepar Pongok yang diresmikan pada tanggal 12 Juli 2012 oleh Bupati Bangka Selatan, dengan Luas wilayah 89,67 km2. Kecamatan Kepulauan Pongok merupakan kecamatan yang terdiri dari dua pulau, dan secara administratif terbagi menjadi dua desa yaitu  Pongok dan Celagen.

Secara geografis Kecamatan Kepulauan Pongok berbatasan dengan Selat Gaspar di sebelah utara dan timur, Laut Jawa di sebelah selatan. Lokasi yang berbatasan dengan laut tersebut, menjadikan semua desa di Kecamatan Kepulauan Pongok merupakan desa pesisir. Sektor Perikanan merupakan salah satu sektor utama dalam perekonomian dan menjadi kontributor terbesar terhadap PDRBnya. Itulah karenanya sebagian besar penduduk di Kecamatan Kepulauan Pongok berprofesi sebagai nelayan.

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6 7 8

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network