Mengenal Wu Zetian, Wanita Terkaya Sepanjang Sejarah dengan Kekayaan Rp260 Kuadriliun

Aditya Pratama
Wu Zetian, juga dikenal sebagai Wu Zhao atau Wu Hao, adalah satu-satunya wanita yang secara resmi dan diakui sebagai kaisar wanita dalam sejarah China. Foto: Ilustrasi

JAKARTA, iNews.id - Wu Zetian, juga dikenal sebagai Wu Zhao atau Wu Hao, adalah satu-satunya wanita yang secara resmi dan diakui sebagai kaisar wanita dalam sejarah China. Selain itu, ia juga dikenal sebagai wanita terkaya sepanjang masa.

Menurut laporan SCMP, Wu Zetian lahir di Provinsi Shanxi pada tahun 624 Masehi. Ayahnya adalah seorang pedagang kayu kaya, sementara ibunya berasal dari keluarga Yang yang memiliki pengaruh luas.

Pada usia 14 tahun, Wu menjadi selir Kaisar Li Shimin (Taizong) dan mendapat gelar cairen (selir tingkat lima). 

Setelah kematian Taizong, dia meninggalkan 14 anak, namun tidak ada yang lahir dari Selir Wu. Menurut adat, pasangan kaisar yang tidak memiliki keturunan biasanya ditempatkan di kuil setelah kematian kaisar.

Namun, Wu tidak mengikuti aturan tersebut. Ia melarikan diri dari biara dan kembali ke istana, di mana ia bertemu dengan putra Taizong, Kaisar Gaozong, yang ternyata menyukainya.

Seiring berjalannya waktu, Wu menjadi wanita yang paling dicintai oleh kaisar, bahkan istrinya yang sah, Permaisuri Wang, dicampakkan. Inilah awal mula sejarah Wu.

Tak lama kemudian, Wu melahirkan seorang anak perempuan yang meninggal dunia saat masih bayi. Dikatakan bahwa Wu mencekik anaknya sendiri dan menyalahkan Permaisuri Wang atas kematian anaknya.

Setelah kejadian tersebut, posisi Wang sebagai permaisuri digantikan oleh Wu. Konon, Wu mengorbankan anak-anaknya sendiri untuk meraih kekuasaan tertinggi di China pada saat itu.


Ilustrasi Permaisuri Wu dari China, wanita terkaya di dunia. Foto: Ist


Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network