2 Unit PIP Beraktivitas Menambang Timah di Perairan Pantai Pait Jaya Mentok di Malam Hari

Rizki Ramadhani
2 unit PIP beroperasi saat malam hari menambang pasir timah di kawasan perairan Pantai Pait Jaya, Bangka Barat. Foto: Istimewa.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Dua unit Ponton Isap Produksi (PIP) tambang pasir timah diduga beroperasi di sekitar Perairan Pantai Pait Jaya, Desa Belo Laut, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Rabu (21/6/2023) malam tadi. 

uan awak media sekitar pukul 20.00 WIB, terdapat dua PIP diduga melakukan aktivitas penambangan, hal itu terdengarnya suara mesin dari ponton dan beberapa orang terlihat sedang bekerja.

Berdasarkan informasi lokasi tersebut merupakan Izin Usaha Pertambangan (IUP) milik PT Timah tbk. Beroperasinya PIP itupun sudah diketahui oleh warga setempat. 

Menurut keterangan dari salah satu warga setempat yang tak ingin identitasnya disebutkan, PIP itu sudah bekerja selama kurang lebih satu setengah bulan. 

"Iya, ada begawe (bekerja) malam mereka bekerja sampai malam. Kalau ditanya kapan mulainya, beroperasi sudah satu bulan lebih," ujar salah satu warga. 

Sementara, Kasat Polair Polres Bangka Barat Iptu Sugiyanto mengatakan pihaknya telah mengimbau PIP yang ada di sekitar Perairan Pantai Pait Jaya itu untuk minggir.

"Kemarin itu baru masuk mau berjalan. Sudah kami himbau untuk minggir, kalau memang ada yang beroperasi akan kami tangkap," kata Iptu Sugiyanto saat dikonfirmasi. 

Dikatakannya untuk saat ini tak ada aktivitas penambangan pasir timah di kawasan pantai tersebut.

"Belum ada (aktivitas) mungkin mau narik. Iya dia baru di tengah belum bekerja. Kami suruh minggir itu. Kita indikasi dia mau bekerja karena sudah di tengah. Itu di daerah IUP, kalau memang kedepan masyarakat tau lapor saja,"ucapnya.

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network