Petani Desa Rias Ditantang Kembangkan Agrowisata di Lokasi Pertanian

Muri Setiawan
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman mengajak kelompok tani di Desa Rias berdiskusi mencari jalan keluar beberapa persoalan di lapangan. (Foto: Humas)

BANGKA SELATAN, lintasbabel.id - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman mengajak kelompok tani di Desa Rias berdiskusi mencari jalan keluar beberapa persoalan di lapangan. 

Diskusi yang digelar di Masjid Miftahul Huda Desa Rias, Jumat (25/6/2021) melibatkan Petani Pengguna Air (P3A), Gapoktan dan Kelompok Tani Desa Rias. Mereka berdiskusi mengenai tata kelola irigasi. 

Karena kata Gubernur Erzaldi, kunci untuk mendukung peningkatan produksi pangan salah satunya adalah penyediaan air irigasi bagi tanaman tani. Maka diperlukan pembaharuan desain irigasi yang sesuai dengan lanskap perubahan alam. 

"Saat ini penyediaan sarana dan prasarana pertanian yang lebih memadai menjadi fokus dalam peningkatan produksi pangan, di antaranya melalui pembangunan atau rehabilitasi jaringan irigasi," kata gubernur. 

Gubernur mengutarakan di Desa Rias ditemukan sejumlah permasalahan terkait aliran irigasi, sehingga Balai Wilayah Sungai Bangka Belitung Dirjen SDA Kementerian PUPR perlu melakukan pembaharuan desain guna mengoptimalkan hasil tani di Desa Rias. 

Apabila selesai proses rehabilitasi,Erzaldi mendorong perangkat Desa Rias untuk membangun semacam tempat agrowisata di sekitar lokasi irigasi, dikarenakan pemandangan indah hamparan sawah Desa Rias tidak dimiliki oleh daerah lain di Babel. 

Di samping itu dengan adanya pembaharuan desain saluran irigasi, program food estate yang dicanangkan Pemerintah Pusat 3.000 Ha dapat meningkat menjadi 7.500 Ha. 

"Food estate ini juga bukan hanya beras, banyak yang bisa dikembangkan di Babel, seperti porang, kedelai, jagung, jahe, bahkan peternakan sapi dan udang," ungkapnya. 

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network