VIDEO, TI Tower Mulai Kepung Teluk Rubiah Bangka Barat

Joko Setyawanto

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id- Ponton-ponton Tambang Inkonvensional apung jenis TI Tower mulai berdatangan dan terlihat di sekitar dermaga jetty yang dibangun dengan dana milyaran rupiah, Sabtu (19/11/2022).

Menurut informasi yang diterima, sedikitnya akan ada tiga perusahaan mitra PT. Timah Tbk yang akan melakukan penambangan pasir timah, di kawasan perairan pantai Teluk Rubiah dengan melibatkan puluhan ponton TI Tower. 

Rencana penambangan timah di kawasan Teluk Rubiah Muntok, Bangka Barat, Bangka Belitung, sudah santer terdengar belakangan ini.

Tahap sosialisasi sudah dilakukan pada 28 Oktober 2022, bertempat di Bozem, pusat jajanan dan wisata Kampung Iklim Teluk Rubiah. 

Dalam sosialiasi tersebut, disampaikan bahwa akan ada 35 Ponton Isap Produksi (PIP) atau yang dikenal juga dengan sebutan TI (Tambang Inkonvensional) Tower yang beroperasi dibawah naungan CV Gasparindo, CV Timah Indonesia Perkasa, dan CV Belo Laut. Ketiganya merupakan mitra PT. Timah, Tbk. 

Potensi wisata yang dimiliki Teluk Rubiah cukup menarik, mengingat di lokasi ini juga sudah dibangun kolam retensi dan Kampung Iklim, yang dilengkapi Bozem pusat jajanan yang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal terutama diakhir pekan. 

Selain itu, di lokasi yang akan segera ditambang ini, terdapat dermaga jetty yang dibangun dengan anggaran Pemprov Kepulauan Bangka Belitung, dengan anggaran yang diperkirakan mencapai milyaran rupiah.

Editor : Haryanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network