13 Contoh Teks Pidato Persuasif Berbagai Tema Terbaru, Mulai Menghargai Guru sampai Kenakalan Remaja

Muri Setiawan/ Net
13 Contoh Teks Pidato Persuasif Berbagai Tema Terbaru, Mulai Menghargai Guru sampai Kenakalan Remaja. (Foto: ilustrasi pidato/net)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Di dalam artikel ini, terdapat 13 contoh Teks Pidato Persuasif beserta strukturnya. Teks Pidato Persuasif disini bertemakan berbagai hal, mulai dari ajakan menghargai kedua orang tua, hingga saling tolong menolong antar teman.

Sebelum kamu membuat Teks Pidato Persuasif, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu, seperti apa struktur yang ada di Pidato Persuasif.

Dikutip dari e-modul Bahasa Indonesia Paket B Setara SMP/MTs Kelas IX "Lingkungan Bersih, Masyarakat Sehat (Pidato Persuasif)" yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pidato persuasif adalah jenis pidato yang berisi ajakan kepada masyarakat untuk melakukan sesuatu.

Secara umum, pidato persuasif bersifat mengimbau atau mengajak orang untuk berbuat suatu hal yang berguna bagi kehidupan. Pidato persuasif juga menjadi salah satu cara menggerakkan masyarakat untuk berbuat lebih baik dan lebih kreatif.

Struktur Pidato Persuasif
1. Pembukaan

Pembukaan terdiri dari salam pembuka, ucapan penghormatan, ucapan syukur, dan pengantar ke topik utama.

2. Isi pidato
Isi pidato merupakan hal yang paling inti, berisi maksud, tujuan, rencana yang ingin disampaikan untuk para pendengar. Serta memberikan alasan meyakinkan untuk mendukung pandangan orator. Susun secara logis, gunakan sumber terpercaya, contoh yang logis, dan dikenal audiensi.

3. Penutup
Bagian terakhir, orator harus bisa menutup dengan baik yaitu dengan membahas hal berikut ini:
- Kesimpulan secara singkat
- Permintaan maaf jika terjadi kesalahaan saat menyampaikan suatu hal
- Salam penutup

Berikut ini 13 Contoh Teks Pidato Persuasif Singkat dengan Berbagai Tema:

Contoh Pidato Persuasif Singkat

1. Contoh Pidato Persuasif tentang Bahaya Merokok

Assalamualaikum Wr. Wb. 
Yang saya hormati, 
Ibu Kepala Sekolah, 
Bapak/Ibu Guru, 
dan teman-teman yang saya cintai. 

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada panitia yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat ini dalam rangka mewujudkan hari bebas rokok ini menjadi benar-benar bisa menjadi hari yang terbebas dari asap rokok selamanya. Bukan menjadi rahasia umum lagi dan tidak harus dipungkiri lagi kalau di kalangan para perokok sebetulnya sudah mengetahui ataupun merasakan dampaknya dari bahaya merokok tersebut, namun mereka seolah menutup mata dengan bermacam alasan.

Padahal, asap rokok secara ilmiah sudah terbukti menyebabkan setidaknya 25 jenis penyakit. Artinya, saat berbagai negara termasuk negara berkembang memperketat peraturan soal rokok untuk melindungi kesehatan rakyatnya, namun Indonesia justru menjadi surga bagi industri rokok.

Marilah kita wujudkan hidup sehat tanpa asap rokok diawali dari diri kita sendiri. Mudah-mudahan di hari bebas tembakau sedunia ini, kita akan lebih menyayangi diri kita sendiri dengan dimulai dari menyehatkan diri sendiri. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6 7

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network