Cara Membuat Teks Deskripsi Singkat Tentang Hewan, Lengkap dengan Contoh dan Strukturnya

Kezia Veronica Corne/ Net iNews
Cara membuat teks deskripsi tentang hewan lengkap dengan struktur dan contohnya. (Foto: ilustrasi)

JAKARTA, lintasbabel.id – Dalam artikel ini kamu dapat mempelajari cara membuat tkes deskripsi singkat tentang hewan berikut contoh-contohnya. Teks deskripsi sendiri merupakan salah satu jenis teks yang kerap ditemui di buku pelajaran. Biasanya, teks ini akan menjelaskan tentang hewan seperti kucing, anjing, burung, kelinci, dan masih banyak hewan lainnya.

Lalu, apa itu teks deskripsi? Bagaimana contohnya jika ada soal buatlah teks deskripsi tentang hewan! Berikut contoh dan penjelasannya.

 

Apa Itu Teks Deskripsi?

Dikutip dari buku ‘Super Complete’ untuk SMP/MTs kelas 7,8,9 terbitan Sahabat Pelajar Cerdas, teks deskripsi adalah salah satu teks yang menggambarkan atau melukiskan sesuatu secara hidup, misalnya tentang hewan, alam, ruangan, bahkan seseorang. Teks deskripsi terdiri dari tiga struktur yang meliputi identifikasi, klasifikasi, dan deskripsi bagian.

Contoh Teks Deskripsi Singkat Tentang Hewan

Agar tidak bingung, simak beberapa contohnya di bawah ini.

  • Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan Peliharaan Anjing

Identifikasi

Anjing Siberian Husky merupakan salah ras anjing yang banyak dipelihara di dunia. Anjing ini sangat begitu memikat dengan bulunya yang tebal serta memiliki varian warna yang bagus, seperti warna hitam, abu-abu, cokelat, hingga putih.

Klasifikasi

Nama ras Siberian Husky sendiri diambil dari tempat asalnya di Siberia, Rusia. Selain memiliki bulu tebal dengan warna yang memikat, Siberian husky memiliki warna mata yang juga tak kalah menarik. Warna mata anjing Siberian Husky ada yang berwarna coklat, biru pucat yang mencolok, dan ada juga memiliki kedua warna mata ini.

Deskripsi

Meskipun terlihat seperti serigala, nyatanya anjing yang berasal dari Siberia, Rusia ini memiliki sifat yang sangat ramah terhadap manusia dan anjing lainnya. Selain itu, anjing Siberian Husky pada umumnya penurut dan setia dengan majikannya.

  • Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan Kucing Persia

Identifikasi

Kucing Persia adalah ras kucing domestik berbulu panjang dengan karakter wajah bulat dan moncong pendek. Namanya mengacu pada Persia (nama lama Iran) tempat kucing ini berasal. Sejak abad 19, kucing jenis ini dikembangkan di Britania Raya dan Amerika Serikat usai Perang Dunia II. Di Britania Raya, ras ini disebut kucing bulu panjang Persia yang terbagi ke dalam dua jenis, yaitu Chinchilla dengan warna perak cerah dan yang agak gelap.

Klasifikasi

Kucing Persia umumnya memiliki bentuk tubuh yang gemuk besar, dan tambun. Selain itu, ciri khas kucing ini adalah bentuk hidungnya yang pesek, wajahnya terlihat bulat, dan memiliki bulu yang panjang. Jika diamati dari samping, hidung dan dagunya terlihat sangat datar. Kucing Persia ini juga memiliki sifat yang manja.

Deskripsi

Kucing Persia hasil persilangan dengan ras kucing lainnya biasanya kehilangan beberapa ciri-cirinya. Ada yang mempunyai warna bulu baru, hidung yang sedikit mancung, bentuk tubuh yang lebih ramping dari kucing Persia pada umumnya, dan ada pula yang mempunyai bulu yang lebih pendek.

  • Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan Kelinci

Identifikasi

Kelinci adalah hewan mamalia yang berasal dari keluarga Leporidae. Sebenarnya, kelinci merupakan hewan liar yang hidup di daerah Afrika dan daratan Eropa. Hal ini ditandai dengan bulu panjang yang dimilikinya untuk bertahan di cuaca dingin.

Klasifikasi

Kelinci memiliki telinga yang panjang, dan dapat mencapai lebih dari 10 cm. Kaki kelinci juga sangat kuat, sehingga ia dapat berlari dengan cepat dan melompat dengan jauh. Bola matanya juga indah dan tajam, bahkan ada yang berwarna merah. Hewan mamalia satu ini termasuk dalam hewan herbivora atau pemakan tumbuhan.

Deskripsi

Sebagai makhluk sosial yang hidup berkelompok, kelinci dapat berkomunikasi dengan baik. Mereka memiliki berbagai suara yang digunakan untuk menyampaikan pesan yang berbeda. Misalnya, kelinci akan menyampaikan pesan kasih sayang dengan hum rendah saat berjalan.

  • Contoh Teks Deskripsi Singkat Tentang Hewan Gajah

Identifikasi

Gajah merupakan hewan mamalia besar yang tergolong dalam famili Elephantidae dan ordo Proboscidea. Gajah juga merupakan hewan darat terbesar di muka bumi dan tergolong ke dalam hewan mamalia. Gajah tersebar di seluruh Afrika sub-Sahara, Asia Selatan, dan Asia Tenggara.

Klasifikasi

Gajah memiliki belalai yang panjang, sekaligus ciri-ciri khusus dari hewan besar satu ini. Selain belalai, gajah juga memiliki telinga yang berukuran lebar dan besar. Gajah Afrika memiliki tinggi sekitar 3-4 meter dengan bobot yang mencapai 9 ton. Sedangkan gajah Asia memiliki tinggi sekitar 3,5 meter dengan bobot mencapai 5.500 kilogram.

Deskripsi

Gajah memiliki struktur kelompok fisi-fusi, yaitu ketika kelompok-kelompok keluarga bertemu untuk bersosialisasi. Gajah jantan akan meninggalkan keluarganya ketika telah mencapai masa pubertas, dan akan tinggal sendiri atau bersama dengan jantan lainnya. Sedangkan gajah betina cenderung hidup dalam kelompok keluarga, yang terdiri dari satu betina dengan anak-anaknya.

  • Contoh Teks Deskripsi Singkat Tentang Hewan Kura-Kura

Identifikasi

Kura-kura adalah salah satu hewan yang tergolong dalam hewan reptil. Lingkungan hidup hewan ini dominan di air, namun bisa juga hidup di daratan. Sehingga tidak heran kalau menemukan kura-kura di berbagai tempat seperti daerah gurun, padang rumput, hutan, rawa, sungai, dan laut.

Klasifikasi

Kura-kura adalah hewan yang memiliki tempurung di punggungnya. Beberapa kura-kura tidak memiliki gigi, tetapi mereka memiliki moncong yang keras sehingga berfungsi seperti gigi. Leher kura-kura bisa memanjang dan juga memendek, sehingga memungkinkan kepalanya untuk keluar dan masuk ke dalam cangkang saat terancam bahaya.

Deskripsi

Hewan ini berkembang biak dengan cara bertelur. Telur kura-kura tidak dierami sendiri melainkan ditanam di dalam pasir dan terpapar langsung sinar matahari. Usia hewan reptil ini bisa mencapai ratusan tahun.

 

Nah, Itu tadi contoh teks deskripsi singkat tentang hewan lengkap dengan strukturnya. Semoga kamu bisa membuat teks deskripsi hewan lainnya di rumah. Selamat mencoba!

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network