79 Contoh Kalimat Majas Sinisme Lengkap Beserta Pengertian, Ciri dan Fungsinya

Muri Setiawan/ Net
Majas Sinisme sendiri merupakan ungkapan atau pernyataan untuk melukiskan sesuatu dengan menyamakan dengan yang lain. Isinya adalah berupa sindiran atau ejekan. Foto: ilustrasi muka sinis/ net.

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Contoh kalimat Majas Sinisme menjadi salah satu pelajaran yang harus diikuti oleh para siswa di sekolah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Melalui beberapa contoh kalimat Majas Sinisme, diharapkan kita bisa memahami dan menafsirkan kalimat seseorang yang dilantarkan, walaupun terkadang bernada kasar. 

Sebelum melihat contoh kalimat Majas Sinisme, ada baiknya kita memahami pengertiannya terlebih dahulu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), (1) Sinisme mengartikan suatu pandangan atau pernyataan sikap yang mengejek atau memandang rendah.  (2) Pandangan atau gagasan yang tidak melihat suatu kebaikan apa pun dan meragukan sifat baik yang ada pada manusia.

Majas Sinisme sendiri merupakan ungkapan atau pernyataan untuk melukiskan sesuatu dengan menyamakan dengan yang lain. Isinya adalah berupa sindiran atau ejekan.

Lalu, menurut pandangan ahli yakni Nurdin, Maryani dan Mumu (2004), Majas Sinisme adalah sindiran yang menyatakan sesuatu dengan jauh lebih kasar dan tajam dari makna yang diberikan. Penggunaan perumpamaan menunjukkan sesuatu yang sangat berlebihan dari sebenarnya.

Kalimat Majas Sinisme kerap kali dilontarkan dan membuat seseorang merasa tersinggung. Terlebih jika yang mengucapkannya orang yang lebih muda. Namun, Majas Sinisme ini terkadang perlu diucapkan sebagai bentuk sindiran kepada seseorang agar dirinya menjadi lebih baik lagi.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa Majas Sinisme merupakan sebuah kalimat yang ditujukan untuk menyindir, mengejek maupun menghina seseorang.

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network