79 Contoh Kalimat Majas Sinisme Lengkap Beserta Pengertian, Ciri dan Fungsinya

Muri Setiawan/ Net
Majas Sinisme sendiri merupakan ungkapan atau pernyataan untuk melukiskan sesuatu dengan menyamakan dengan yang lain. Isinya adalah berupa sindiran atau ejekan. Foto: ilustrasi muka sinis/ net.

11. Usang sekali motormu. Sudah tidak pantas untuk dipakai. Cocok masuk museum.
Artinya: seseorang menggunakan motor tua yang tampilannya sangat jelek. Oleh karena itu sebenarnya tidak pantas lagi untuk digunakan dan lebih cocok untuk mengisi museum.

12. Bau sekali badanmu seperti kapur barus. Kamu jarang mandi ya?
Artinya: pembicara menyampaikan apa yang tercium ketika ada orang yang dekat dengannya. Lawan bicara bisa saja tersinggung. Namun karena kenyataannya memang demikian, maka hal tersebut tetap diucapkan.

13. Kamu jarang membersihkan otak ya. Pikiranmu kotor sekali.
Artinya: Cara berpikir atau sudut pandang seseorang tidak mengenakkan bagi lawan bicara. Jadi terkesan selalu berpikiran kotor. Sedangkan kenyataannya tidak mungkin membersihkan isi otak atau pikiran.

14. Aku tidak akan pernah percaya lagi pada kata-katamu. Kamu memang terbukti penipu.
Artinya: pembicara sedang berhadapan dengan orang yang beberapa kali menipunya sehingga membuatnya tidak akan mau percaya lagi. Hal ini sering terjadi dan menjadikannya paham serta hafal sikap temannya tersebut.

15. Jangan ngoceh saja. Kamu cuma pandai bicara. Kenyataannya sama sekali tidak ada tindakanmu yang benar.
Artinya: ungkapan ini menyampaikan bahwa ada orang yang hanya bisa untuk menasehati orang lain, mahir dalam hal ini namun tidak pernah sesuai dengan apa yang dilakukan sehari-hari. 

16. Dasar tidak punya malu! Berani kamu mengemis untuk mendapatkan uang.
Artinya: ada orang yang meminta-minta untuk mendapatkan belas kasihan. Tidak mau berusaha. Mungkin terdengar kasar. Tapi memang kenyataannya seperti itu.

17. Berhenti main sandiwara! Aku tidak mungkin kamu bodohi terus. Aku sudah paham siapa dirimu sebenarnya. Dasar tukang tipu.
Artinya: seseorang selalu bersikap baik. Tujuannya adalah untuk menipu lawan bicara. Sedangkan lawan bicara sudah sangat paham dan menyadari hal tersebut.

18. Kerempeng. Masak badan setinggi pohon bambu ini beratnya cuma 54 kilo.
Artinya: berat badan seseorang tidak proporsional sehingga terlihat sangat kurus. Istilah kerempeng digunakan untuk menyatakan bahwa seseorang terlalu kurus. 

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network