8 Kisah Sukses Pengusaha yang Memulai Bisnis dari Nol di Indonesia

Mohammad Yan Yusuf/ Net IDXChannel
Chairul Tanjung, owner CT Corp. Foto: istimewa

4. Susi Pudjiastuti

Jika berbicara tentang Susi Pudjiastuti, mungkin kamu mengenalnya sebagai mantan Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo. Meskipun begitu, beliau juga memiliki kisah pengusaha sukses dari nol di Indonesia yang sayang untuk dilewatkan.

Sejak SMP, puteri seorang peternak dan penjual hewan potong sapi dan kerbau ini sudah fokus pada bisnis. Tentu saja bisnis awalnya tidak berjalan mulus.

Beliau sempat mengalami kendala ketika mengajukan dana ke bank untuk bisa membuat pesawat bernama Susi Air. Tujuan pesawat itu adalah untuk memudahkan beliau dalam akomodir pengiriman ikannya.

Karena ketulusan Susi meminjamkan pesawatnya untuk bantuan Tsunami Aceh saat itu, beliau mendapatkan banyak permintaan dari LSM baik itu di dalam maupun luar negeri. Dari hal itu juga reputasi Susi Air selalu dikenal oleh pemilik bisnis perikanan.

 

5. Jogi Hendra Atmadja

Pendiri PT Mayora Indah Tbk yang memproduksi biskuit Roma dan permen Kopiko. Dia juga memiliki kisah pengusaha sukses dari nol di Indonesia yang bisa menjadi inspirasi bisnis.

Pengusaha yang lahir tahun 1946 ini mendirikan nama PT Mayora Indah bersama dengan dua rekannya, yaitu Raden Soedigdo dan Darmawan Kurnia.

Dengan ketekunan dan semangat yang dimiliki, PT Mayora berhasil membuat produk-produk unggulan yang dikenal masyarakat hingga sekarang. 

Mulai dari biskuit (Roma, Astor), permen (Kopiko), Minuman (Le Mineral), sampai minuman kemasan (Teh Pucuk dan Kopi Torabika). Keberhasilan produk tersebut di pasaran membuat Jogi Hendra Atmadja menjadi salah satu pengusaha sukses dari nol di Indonesia.

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network