8 Kisah Sukses Pengusaha yang Memulai Bisnis dari Nol di Indonesia

Mohammad Yan Yusuf/ Net IDXChannel
Chairul Tanjung, owner CT Corp. Foto: istimewa

6. Boenjamin Setiawan

Perintis Kalbe Farma bernama Boenjamin Setiawan begitu menginspirasi.  Kisah pengusaha sukses dari nol di Indonesia ini merupakan lulusan dari jurusan kedokteran di Universitas Indonesia.

Setelah lulus, beliau mencoba membuka peluang usaha pada bidang farmasi dan perusahaannya berdiri dengan modal kecil. Kalbe Farma sempat mengalami kebangkrutan ketika krisis moneter melanda Indonesia. 

Berkat kegigihan Boenjamin Setiawan, perlahan namun pasti Kalbe Farma kembali bangkit.  Bahkan, berhasil menciptakan produk populer seperti Fatigon, Sakatonik, dan Extra Joss.

 

7. Hamzah Izzulhaq

Digadang sebagai salah satu pengusaha muda yang memiliki bisnis kerajinan sofa bed. 

Kisah Hamzah juga menjadi salah satu inspirasi pengusaha sukses dari nol di Indonesia dalam membangun waralaba. Beliau mulai belajar bisnis mulai dari kelas 5 SD dengan menjual berbagai macam permainan, seperti kelereng, petasan, dan permainan kesukaan anak-anak lainnya.

Sejak SMA, Hamzah mengalami gulung tikar dalam usahanya sehingga membuat beliau bangkrut.  Sejak saat itu, beliau kembali membuat bisnis dari awal lagi.

Berkat kegigihan dan sifat pantang menyerahnya, Hamzah pun berhasil membuka perusahaan dengan nama CV Hamasa Indonesia. Bahkan, bisnisnya pun merambah ke franchise bimbel hingga sekarang.

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network