get app
inews
Aa Read Next : Perumdam Tirta Sejiran Setason Ranking 1 Nasional Kinerja BUMD Air Minum

Sering Dianggap Sepele, Ternyata Ini Pahala Sedekah Air Menurut Rasulullah

Minggu, 29 Mei 2022 | 05:53 WIB
header img
Ilustrasi sedekah air minum

Demikian juga kisah pezina yang memberi minum anjing yang kehausan juga diambil faedah oleh para ulama sebagai anjuran untuk bersedekah air. Dari Abu Hurairah radhiallahu'anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Seorang wanita pezina diampuni oleh Allah. Dia melewati seekor anjing yang menjulurkan lidahnya di sisi sebuah sumur. Anjing ini hampir saja mati kehausan. Si wanita pelacur tersebut lalu melepas sepatunya, dan dengan penutup kepalanya. Lalu dia mengambilkan air untuk anjing tersebut. Dengan sebab perbuatannya ini, dia mendapatkan ampunan dari Allah." (HR Al Bukhari nomor 3321, Muslim 2245)

Atas dasar-dasar tersebut, Global Wakaf-ACT menginisiasi program Sumur Wakaf yang mampu menyediakan air bersih gratis pada para penerima manfaat. Tidak hanya di dalam negeri, puluhan Sumur Wakaf juga telah dibangun di negara-negara yang tengah mengalami krisis air.

Di Gaza, Palestina, sumur wakaf ke-51 telah rampung dibangun. Sumur ini mampu menyediakan air bersih untuk sekitar 500 keluarga di Jabalia, Gaza Utara. Selain untuk konsumsi, air dari sumur ini juga bisa dimanfaatkan untuk beribadah.

"Sebab sumur ini dibangun di samping Masjid Al-Rawda. Air dari sumur juga telah dialirkan ke pipa-pipa yang tersambung ke keran-keran di masjid. Jamaah masjid bisa berwudu menggunakan air tersebut," ujar Firdaus Guritno dari Tim Global Humanity Network ACT, Selasa 19 April 2022.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut