get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

Sedekah Adat Desa Terentang, Rasa Syukur Hasil Panen dan Khataman Al Qur'an

Minggu, 02 Juli 2023 | 19:32 WIB
header img
Sedekah Adat masyarakat Desa Terentang, Bangka Barat. Foto: Istimewa.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Ribuan masyarakat Desa Terentang, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat (Babar), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar sedekah adat pada Minggu (2/7/2023). Sedekah ini diadakan masyarakat setempat sebagai bentuk rasa syukur atas khatamnya anak-anak dalam mengaji Al Qur'an. 


Sedekah Adat masyarakat Desa Terentang, Bangka Barat. Foto: Istimewa. 
 

Acara sedekah adat yang telah dimulai dari pagi hari ini disambut antusias oleh masyarakat setempat dan begitu luar biasa kemeriahannya. Berbagai kegiatan dilakukan oleh masyarakat setempat. 

Seperti lomba membuat Sadu-Sadu (kendaraan yang digunakan untuk mengangkut peserta arak-arakan) dan membuat dodol. Serta ada penampilan tari adat kampung Selasih Sesudu sebagai tradisi penyambutan untuk para tamu yang datang. 

Ketua Pelaksana Sedekah Adat, Abu Hamid mengatakan kegiatan ini digelar selain hiburan juga sebagai wujud untuk menjaga kelestarian adat budaya yang ada di daerah itu. Dimana acara ini sudah digelar sejak lama puluhan tahun silam.

"Kalau dulu sedekah kampung ini kami gelar setelah panen serentak hasil pertanian sawah sebagai wujud untuk mensyukuri hasil panen. Karena dulu mayoritas masyarakat kita yaitu bercocok tanam di sawah. Biasanya kita gelar memang pada saat setelah panen," ujar Abu Hamid. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut