get app
inews
Aa Read Next : Mantan Gubernur Babel Erzaldi Dicecar 3 Pertanyaan Saat Diperiksa Penyidik Kejati Babel

Erzaldi: Masuk Jurusan Nautika Wajib Psikotes

Rabu, 13 April 2022 | 16:25 WIB
header img
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman. (Foto: lintasbabel.id/ Irwan Setiawan)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman meminta untuk seleksi masuk SMKN 4 Pangkalpinang jurusan nautika sebelum berlayar harus dilakukan tes psikotes terlebih dahulu.

"Jadi saya minta nanti, kepala  dinas, kepala sekolah SMKN 4 Pangkalpinang, bagi jurusan nautika yang ada praktiknya harus berlayar. Itu saya minta penerimaan siswanya harus melalui proses psikotes. Saya tidak mau tidak ada psikotes," kata Erzaldi Rosman, Rabu(13/4/2022).

Diketahui sebelumnya seorang pelajar siswa SMKN 4 Kota Pangkalpinang, ZK (17) mengalami depresi ketika melakukan magang praktik kerja industri (prakerin) di LPK Bahtera Kabupaten Pati, Jawa Tengah. 

"Jadi begini, saya sampaikan tadi ke kepala dinas, praktik ini kan berat. Coba bayangkan, selama sebulan di kapal, begitu ke darat sehari, dua hari. Ya wajar lah terjadi kepada orang-orang yang tidak siap," jelasnya.

Erzaldi menambahkan dengan dilakukan tes psikotes diketahui jiwa anak, apakah cocok sebagai pelaut atau tidak.

"Jadi dengan psikotes ini jiwanya disitu tidak. Kalau jiwa tidak disitu, dipaksa, wajar saja terjadi. Tetapi kita tidak bisa mengetahui anak ini sehat kok. Jadi harus begitu untuk jurusan nautika harus tes psikotes," ujarnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut