get app
inews
Aa Read Next : Seorang Penambang Timah di Bangka Barat Ditemukan Tewas Tertimbun Longsor

Siap-siap! Para Kolektor Timah di Babel Bakal Dikenakan Pajak 

Selasa, 12 April 2022 | 17:24 WIB
header img
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman. (Foto: lintasbabel.id/ Irwan Setiawan)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan menarik pajak kepada kolektor pasir timah mitra smelter di Bangka Belitung.

"Kami telah diskusi, alhamdulilah kami putuskan, dalam rangka kita mengoptimalkan pendapatan negara melalui sektor perpajakan, kolektor yang nanti dijadikan mitra para smelter, itu nanti akan dikenakan pajak," Jelas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman usai melakukan Rapat tertutup tentang tata kelola pertimahan di Babel, Selasa (12/4/2022). 

Erzaldi menambahkan, kebijakan tersebut sebelumnya sudah dilakukan konsultasi dengan Dirjen Pajak Kanwil Pajak Sumsel - Babel. 

"Jadi kami membantu pemerintah pusat untuk memaksimalkan pajak, tentunya dari hasil pertambangan, seperti kita ketahui juga harus menjadi perhatian kita yang mana harga timah kita tinggi tapi perolehan pajak kita kecil.

Inikan sangat tidak wajar, maka kami mendorong terjadi pelaksanaan optimalisasi tata kelola timah ini," jelas Erzaldi.

Ia menambahkan, bahwa kebijakan ini juga telah didukung oleh Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Kejaksaan Tinggi (Kajati), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) cabang Provinsi Bangka Belitung, untuk mengoptimalkan pendapatan daerah dari sektor pajak .

"Dari hal ini nanti kita insa Allah akan mengatur rata-rata pengasilan dari harga pasir, nanti kita akan membuat seperti sawit, sekarang harga itu ditetapkan oleh pemerintah naik turun harga ini tidak berpengaruh terhadap kondisi operasional dari pada smelter," ujarnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut