get app
inews
Aa Read Next : Indonesia Sentris: Membangun Potensi dan Generasi dari Pinggiran Pulau Pongok Bangka Selatan

Sosial Budaya di Bangka Belitung Untuk Indonesia Sentris

Senin, 24 Juni 2024 | 17:43 WIB
header img
Indonesia dapat melangkah dengan tetap mempertahankan budaya yang berkelanjutan, sejalan dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika. Foto: Diskominfo Babel/Ist.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews,id - Indonesia, merupakan negara kepulauan yang terdiri dari berbagai suku, tingkat sosial, budaya, hingga agama, sehingga menghasilkan keragaman yang luar biasa sebagai identitas negara dan Pancasila sebagai landasan Ideologi Negara.

Menarik untuk dikupas lebih lanjut tentang bagaimana sosial budaya dalam mewujudkan "Indonesia Sentris", dimana masih terdapat kecenderungan hingga kini untuk mengutamakan kepentingan kelompok atau individu tertentu diatas yang lain. 

Dari sisi budaya, Indonesia Sentris dapat terwujud dengan menjaga keberlanjutan dan keberagaman warisan budaya sebuah negara. Tentu pemerintah memiliki tanggung jawab untuk menetapkan kebijakan, program, dan langkah-langkah strategis guna melestarikan serta mempromosikan kekayaan budaya yang menjadi identitas nasional. Program-program seperti revitalisasi seni tradisional, pendanaan bagi komunitas seniman lokal, dan promosi budaya melalui berbagai platform nasional dan internasional perlu terus diperkuat.

Upaya bersama dari masyarakat, pemerintah, dan lembaga pendidikan menjadi perlu untuk menjaga keberagaman budaya sebagai kekayaan bangsa. Bersama melaui langkah-langkah nyata, seperti pengetatan regulasi, penguatan kurikulum pendidikan yang inklusif, dan dukungan pemerintah yang berkelanjutan, sehingga Indonesia dapat melangkah dengan tetap mempertahankan budaya yang berkelanjutan, sejalan dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut