get app
inews
Aa Read Next : Wujudkan Indonesia-Sentris, Sudahkah Daerah Kepulauan Terjamah?

Pentingkah Pendidikan Tinggi Bagi Masyarakat Bangka Belitung?

Jum'at, 21 Juni 2024 | 12:54 WIB
header img
Mewujudkan Indonesia Sentris juga harus memperhatikan sektor pendidikan, karena untuk pemerataan pembangunan juga diperlukan pemerataan pendidikan bagi seluruh warga negara termasuk di Kepulauan Bangka Belitung. Foto: Istimewa/ Saktio.

Pemahaman akan pentingnya pendidikan tinggi di kalangan siswa maupun orang tua menjadi hal penting yang harus diupayakan oleh semua pihak saat ini. Manfaat pendidikan tinggi tidak hanya untuk diri pribadi saja, namun juga memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat,bangsa dan negara. Dengan pendidikan tinggi, literasi, pemahaman, kemampuan untuk berinovasi semakin meningkat. Sehingga menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, berpikiran maju dan terbuka, serta berdaya saing. 

Tak hanya itu, melalui pendidikan tinggi, bukan hanya mendapatkan gelar, tetapi juga memperoleh pengetahuan, mengasah skill, meningkatkan kualitas hidup, memiliki akses untuk memperoleh pekerjaan yang berkualitas dengan penghasilan yang lebih tinggi, dan mampu menjadi agen perubahan yang bisa memberikan edukasi dan motivasi kepada lingkungan sekitar untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi. 

Di Kepulauan Bangka Belitung sendiri, pemahaman seperti ini masih belum meluas, sehingga banyak orang tua yang kurang memberikan fasilitasi dan motivasi bagi anak untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.  Banyak orang tua yang membiarkan anaknya untuk bekerja, bahkan menikah usai menempuh pendidikan SMK/SMA/MA/Sederajat. 

Beberapa orang tua berpendapat bahwa pendidikan tinggi tidak diperlukan, apalagi untuk anak perempuan yang nantinya hanya akan menjadi ibu rumah tangga dan mengasuh anak. Padahal peran orang tua cukup signifikan dalam pengambilan keputusan bagi anak untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Untuk itu, penting sekali bagi orang tua agar mengubah pola pikir atau mindset terhadap pentingnya pendidikan tinggi ini. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut