get app
inews
Aa Read Next : PJ Gubernur Babel Resmikan BKK, Menjadi Garda Terdepan dalam Pengendalian Penyakit Menular

Peran Strategis Media dalam Mengawal Pilkada 2024

Sabtu, 23 Maret 2024 | 22:06 WIB
header img
Konsolidasi Media dalam Rangka Penguatan Pemberitaan pada Tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2024, di Esenbis Cafe and Resto, Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Babel, Sabtu (23/3/2024). Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Muri Setiawan.

Sementara, Ketua AJI Kota Pangkalpinang, Barliyanto menyoroti persoalan etika dalam peliputan agenda politik seperti pemilu. Menurutnya, identitas media adalah kepercayaan.

"Di media, ruhnya adalah trust (kepercayaan). Bagaimana kita mampu menjaga kepercayaann publik saat ini kepada media, yang tidak berpihak kepada kandidat tertentu, itu yang menjadi perhatian kita," ujar Barli.

Namun, kata dia, belakangan ini para jurnalis sulit membedakan fungsinya dalam rangka tersebut, lantaran terkadang produk jurnalistik yang dibuat kerap tercambur dengan opini subjektif wartawan.

"Antara produk jurnalistik, berita kadang terdapat opini di dalamnya. Ini yang harus dihindari, terlebih jika wartawan itu terlibat aktif atau memiliki hubungan khusus dengan kandidat dan parpol, maka akan mempengaruhi berita yang dihasilkan, yang tidak independen lagi. Belum lagi soal pemasukan untuk menghidupi media itu sendiri, kalau kami di AJI ada istilah pagar api, antara editorial dan advertorial itu tipis sekali jaraknya, kalau tidak hati-hati maka akan terbakar," kata Barli.

Sejumlah wartawan dan pegiat pemilu independen yang hadir dalam kegiatan ini, ikut memberikan kritikan terkait penyelenggaraan pemilu di Babel, dan media massa di daerah masih memiliki marwah mengawal suksesi pilkada 2024 nanti.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut