get app
inews
Aa Read Next : Kejati Babel Tangkap Buronan Kasus Korupsi Pemanfaatan Tanah Negara Rp25 Miliar di Pangkalpinang

Buron 10 Tahun, Warga Pangkalpinang Ditangkap Kejagung di Jakarta

Kamis, 10 Februari 2022 | 19:49 WIB
header img
Kejaksaan Agung (Kejagung) berhasil menangkap Halim Susanto alias Alim (66), Kamis (10/2/2022) sekitar pukul 13.55 WIB di Jalan Tanjung Duren Dalam, Jakarta. (Foto: Istimewa)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Kejaksaan Agung (Kejagung) berhasil menangkap Halim Susanto alias Alim (66), Kamis (10/2/2022) sekitar pukul 13.55 WIB di Jalan Tanjung Duren Dalam, Jakarta. Alim sendiri ternyata sudah 10 tahun lebih menjadi buronan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Pangkalpinang.

Alim yang merupakan warga Semabung Lama, Kota Pangkalpinang ini, tersangkut perkara menghuni rumah toko (ruko) yang bukan miliknya, yang terdapt di Jalan Jenderal Sudirman no.10 Kota Pangkalpinang. Dia menghuni ruko tersebut sejak tahun 2001 hingga 2008, bahkan tidak membayar sewa ruko kepada pemilik sahnya.

Akibat perbuatan Alim, pihak korban (pemilik ruko) bernama Megawati, mengalami kerugian sebesar Rp1,4 miliar.

"Selama ini terpidana Alim ini dalam posisi DPO (Daftar Pencarian Orang). Setelah dilakukan penangkapan oleh tim dari Kejagung, kemudian dibawa ke Pangkalpinang, untuk diserahkan ke kami, untuk selanjutnya diserahkan ke Tim Eksekutor Kejaksaan Negeri Pangkalpinang, untuk dibawa ke Lapas Tua Tunu,"  ujar Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Bangka Beltung, melalui Asisten Intelijen, Johnny William Pardede, S.H.,M.H, dalam keterangan tertulis yang diterima lintasbabel.inews.id, Kamis (10/2/2022).

Dikatakan Johnny, Alim terbukti secara hukum melakukan tindak pidana penghunian rumah yang bukan miliknya.

"Tindak pidana penghunian rumah oleh bukan pemilik hanya sah apabila ada persetujuan atau izin pemilik, sebagaimana pasal 12 ayat (1) Jo Pasal 36 ayat (4) Undang-undang No.4 tahun 1992 tentang perumahan dan pemukiman Jo Pasal 55 ayat (1) Ke-1 KUHP, Menjatuhkan Pidana Penjara Selama 3 Bulan Kurungan," ungkap Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Bangka Beltung, melalui Asisten Intelijen, Johnny William Pardede, S.H.,M.H, dalam keterangan tertulis yang diterima lintasbabel.inews.id, Kamis (10/2/2022).

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut