get app
inews
Aa Read Next : Jual Minol Tanpa Izin, Kafe Resto di Belitung Timur Dirazia : 16 Pekerja Belum Lengkapi Adminduk

Belitung Timur Masih Miliki Situs Cagar Budaya yang Dapat Digali Potensinya

Senin, 04 Maret 2024 | 16:31 WIB
header img
Bupati Belitung Timur Burhanudin dan Ketua DPRD Belitung Timur Fezzi Uktolseja, ziarah ke satu diantara makam Kuno di Desa Buding, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur, Senin (4/3/2024). Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Suharli.

BELITUNG TIMUR, Lintasbabel.iNews.id - Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memiliki cagar budaya dan situs Makam kuno yang belum tergali secara keilmuan. Bupati Beltim, Burhanudin berkeinginan, Situs Cagar Budaya yang ada di Desa Buding ini, dapat dikembangkan dan diteliti oleh ahli, agar dapat mendongkrak potensi wisata yang ada di daerahnya.

Berlokasi di area perkebunan HGU PT Parit Sembada Kecamatan Kelapa kampit, terdapat beberapa lokasi Makam Kuno yang umurnya diperkirakan sudah berusia ratusan tahun.

Perjalanan pertama adalah mendatangi Makam Tuk Nibong yang berlokasi di dalam hutan yang melintasi perkebunanan sawit. Selanjutnya, rombongan mendatangi Situs Cagar Budaya Keramat Padang, dimana di lokasi ini terdapat banyak kuburan tua yang tersusun seperti gundukan.

Kemudian dilanjutkan dengan mendatangi makam batu yang terdapat sebuah batu nisan berukuran sangat besar dan terbuat dari batu yang diukir.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut