get app
inews
Aa Read Next : Posisi Strategis Pemuda dalam Pesta Demokrasi 2024 Sebagai Emansipasi Menghadapi Bonus Demografi

Caleg DPRD Babel Datangi Bawaslu Bangka, Lapor Dugaan Mark Up Suara Pemilu 2024

Selasa, 27 Februari 2024 | 16:04 WIB
header img
Bawaslu Kabupaten Bangka menerima laporan dugaan mark up dan penggembosan suara Pemilu 2024 dari caleg DPRD Babel, Andi Kusuma. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Maulana.

BANGKA, Lintasbabel.iNews.id - Salah satu calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Dapil 6 atau Dapil Kabupaten Bangka, mendatangi Kntor Bawaslu Kabupaten Bangka, Selasa (27/2/2024) pagi. Kedatangannya untuk melaporkan dugaan kecurangan pada pelaksanaan Pemilu 2024, dimana diduga telah terjadi penggelembungan dan penggembosan suara di 3 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka.

Kedatangan Caleg DPRD Provinsi dari partai PDI Perjuangan Andi Kusuma,.SH. M.Kn yang didampingi Garda Independen yakni Organisasi atau Lembaga pemenangan Andi Kusuma, diterima langsung Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (PPPS) Bawaslu Kabupaten Bangka, Fega Erora.

"Kedatangan hari ini saya mendampingi Ketua Garda Independen dan Ketua Advokad dari Garda Independen, dalam hal ini mereka yang menemukan ada terjadi markup atau penggelembungan suara caleg maupun penggembosan yang terjadi di suara saya secara pribadi di 3 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka," katanya.

Andi menduga, kecurangan tersebut dilakukan oleh oknum saksi partai dan oknum KPPS yang terjadi di beberapa TPS yang ada di 3 kecamatan, yakni Kecamatan Belinyu, Puding Besar dan Kecamatan Mendo Barat.

"Kami menduga kecurangan ini dilakukan oleh oknum saksi partai dan okum KPPS di beberapa TPS  Kecamatan Belinyu, Puding Besar maupun Mendobarat. Mungkin atas laporan pagi ini berharap pihak Baswalu Kabipaten Bangka bisa menindaklanjuti dengan laporan serta pembuktian dan keterangan saksi yang kami miliki, agar penegakan hukum bisa dilakuan secara objektif dan juga penyelanggara pemulu berjalan dengan baik," katanya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut