get app
inews
Aa Read Next : Fenomena Suara Sama di Pileg Kota Pangkalpinang, Akademisi UBB: Diatur di PKPU Nomor 6 Tahun 2024

Kenakalan Remaja dari Perspektif Keluarga

Kamis, 14 Desember 2023 | 11:56 WIB
header img
Al Muhajji Akbar, S.Sos., Alumnus Sosiologi FISIP UBB, Staf AAK FISIP UBB. Foto: Dokumen Pribadi.

Sebagai orang tua yang baik harusnya dapat bersikap tegas demi anaknya dengan menanamkan kedisiplinan terhadap sang anak. Jangan sesekali orang tua  menggantikan waktu dan kasih sayang terhadap anak dengan materi. Sesibuk apapun orang tua, jangan pernah menggantikan waktu dan kasih sayang yang seharusnya tercurahkan kepada anak digantikan dengan uang. Selain itu sesibuk apapun orang tua, mereka harus dapat mengawasi anaknya agar sang anak tidak terjerumus ke hal-hal yang bersifat negatif.

Jangan pernah menggunakan hukuman kepada anak jika para orang tua sendiri pun belum bisa mengotrol diri sendiri. Jadikan hukuman sebagai alat untuk mendidik seorang anak ke arah yang lebih baik lagi bukan untuk melampiaskan sebuah kemarahan. Orang tua harus mampu memberikan teladan yang baik bagi seorang anak. 

Jadi dengan demikian dapat disadari bahwa betapa pentingnya peranan keluarga sebagai peletak dasar pola pembentukan kepribadian seorang anak agar si anak tidak mudah terjebak kedalam perilaku menyimpang khususnya yang menyangkut tindakan kenakalan remaja. **)


**) Al Muhajji Akbar, S.Sos. (Alumnus Sosiologi FISIP UBB, Staf AAK FISIP UBB)

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut