get app
inews
Aa Read Next : Fenomena Suara Sama di Pileg Kota Pangkalpinang, Akademisi UBB: Diatur di PKPU Nomor 6 Tahun 2024

Kenakalan Remaja dari Perspektif Keluarga

Kamis, 14 Desember 2023 | 11:56 WIB
header img
Al Muhajji Akbar, S.Sos., Alumnus Sosiologi FISIP UBB, Staf AAK FISIP UBB. Foto: Dokumen Pribadi.

Orang tua memiliki peran dalam mengawasi, menerapkan disiplin, selalu memberikan perhatian, dan memberikan contoh yang baik kepada para anak-anaknya. Peran tersebut sangat dibutuhkan agar anak-anak tidak mudah terpengaruh dari lingkungan luar atau sekitarnya untuk menciptakan perilaku yang menyimpang, khususnya yang dapat merugikan orang lain. Orang tua yang baik seharusnya adalah orang tua yang selalu memberikan pola asuh yang terbaik pula kepada anak-anak mereka. Jika pola asuh yang diberikan keluarga baik, maka sumber daya manusia yang dihasilkan akan berimbas baik pula. 

Sedangkan jika pola asuh yang diberikan oleh setiap keluarga dinilai kurang baik, maka akan menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang kurang baik pula, yaitu menghasilkan sumber daya manusia yang kerap terlibat kedalam penyimpangan-penyimpangan sosial atau yang mencerminkan perilaku menyimpang (kenakalan remaja).

Orang tua yang baik seharusnya adalah orang tua yang dapat meluangkan waktu di sela-sela kesibukan mereka. Meskipun dalam kondisi sesibuk apapun, orang tua selalu diharapkan untuk dapat memantau perkembangan dan keadaan anak baik itu melalui alat komunikasi seperti via telepon, atau bisa saja bertemu dengan bertatap muka langsung kepada anak. Ketika orang tua sedang meluangkan waktu kepada anaknya, orang tua harus mengkonsentrasikan pikiran dan perhatiannya terhadap anak.  Orang tua seharusnya mampu menjadi pendengar yang baik, orang tua hendaknya menjadi tempat bercerita bagi seorang anak. Pada dasarnya orang tua memang  memiliki peranan yang sangat kuat untuk menjalankan fungsi-fungsi penting tersebut.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut