get app
inews
Aa Read Next : 9 WBP pada Sejumlah Lapas di Babel Terima Remisi Imlek 2024

Perayaan Imlek Sebagai Momen Kerukunan Umat Beragama

Selasa, 01 Februari 2022 | 14:59 WIB
header img
Suasana perayaan Tahun Baru Imlek 2022 di kediaman Andri di Kabupaten Bangka, yang tidak hanya dihadiri umat Konghucu, tapi juga dari umat muslim ikut bersilaturahmi. (Foto: lintasbabel.id/ Maulana)

BANGKA, lintasbabel.id - Pemandangan penuh keakraban antar umat beragama tergambar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), saat perayaan tahun baru Imlek. Tampak kerukunan antara warga Tiong Hoa dan umat muslim, bergabung menjadi satu.

Andri salah satu warga Tiong Hoa di Desa Bukit Layang Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka, mengatakan tak hanya menjelang atau waktu perayaan Imlek saja, dalam kehidupan sehari-hari pun semua warga hidup rukun. 

Antar umat beragama saling sapa, bahu membahu, serta tanpa berpikir adanya perbedaan agama. Sebab, agama adalah suatu keyakinan dan pilihan yang mutlak bagi masyarakat.

"Setiap ada perayaan semua warga di kampung toleransi saling membantu. Baik momen Hari Raya umat Islam, Nasrani, Konghucu, maupun lainnya. Dulu waktu bulan puasa, kita ikut menyediakan takjil untuk umat muslim," ungkap Andri.

Pada saat perayaan Imlek, kata Andri, setiap tahun dirinya membuka pintu lebar untuk warga yang datang bertamu.

"Momen seperti ini memang setiap tahun di rumah kami, biasa kami adakan Open House, tapi dimasa pademi Covid ini kami batasi, biasanya kami buat tenda untuk warga yang datang, namun beberapa tahun ini kami hanya memanfaatkan garasi mobil yang ada," jelasnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut