get app
inews
Aa Read Next : Unik! Transplantasi Terumbu Karang Berbentuk Peta Indonesia, Ditenggelamkan di Bangka

Sejumlah Negara yang Gagal Pindahkan Ibu Kota

Jum'at, 21 Januari 2022 | 15:15 WIB
header img
Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia yang baru bernama Nusantara, terletak di Kalimantan Timur. (Foto: Istimewa)

Padahal secara jarak Kuala Lumpur ke Putra Jaya jauh lebih dekat, jika dibandingkan dengan Jakarta ke Kalimantan. Namun, para pegawai di Kuala Lumpur akhirnya enggan untuk berpindah karena alasan keluarga.

Selanjutnya, adalah Khazakhstan yang memindahkan ibukota Almaty ke Astana yang pada 2019 berganti nama menjadi Nur Sultan. Alasan pemindahan ibukota tersebut adalah kurang lebih sama dengan Indonesia, yaitu kota yang sebelumnya sudah terlalu ramai, dan rawan gempa bumi.

Menurut Bhima, saat ini Khazakhstan mengalami tekanan ekonomi justru ketika setelah memindahkan ibu kotanya. Selain itu kebijakan ini juga tidak menarik penduduk untuk datang ke ibu kota baru.

Hal tersebut akhir memicu gelombang protes dari masyarakatnya itu sendiri yang disebabkan dari kondisi ekonomi yang tidak stabil.

"Sama dengan IKN karena perencanaannya tidak matang dan terlalu terburu-buru, jadinya IKN beresiko menjadi kota sepi, karena masyarakatnya hanya di isi oleh ASN dan keluarganya dan tidak membangun kawasan Industri yang baru," jelas Bhima.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut