get app
inews
Aa
Read Next : Unik! Transplantasi Terumbu Karang Berbentuk Peta Indonesia, Ditenggelamkan di Bangka

Sejumlah Negara yang Gagal Pindahkan Ibu Kota

Jum'at, 21 Januari 2022 | 15:15 WIB
header img
Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia yang baru bernama Nusantara, terletak di Kalimantan Timur. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, lintasbabel.id - Indonesia tak lama lagi akan memiliki Ibu Kota Negara yang baru bernama Nusantara yang terletak di Kalimantan Timur. Selama ini, DKI Jakarta adalah Ibu Kota Negara Indonesia.

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira Adhinegara mengungkap, terdapat sejumlah negara yang tidak berhasil memindahkan ibu kota negaranya.

Kebijakan pemintahan IKN yang diambil Presiden Jokowi, bukanlah produk baru, namun juga telah banyak dilakukan oleh beberapa negara lain.

Proyek tersebut memang ada beberapa yang sukses, namun tidak sedikit juga yang justru mangkrak dan akhirnya tidak memiliki manfaat banyak untuk masyarakat di negara tersebut.

Bhima Yudhistira Adhinegara mengatakan, memindahkan ibu kota untuk saat ini belum cukup tepat, sebab seharusnya pemerintah fokus terlebih dahulu pada penanganan pandemi covid 19.

"Kalau kita belajar dari negara lain seperti Myanmar, Malaysia, hingga Khazakhstan justru mengalami kegagalan," ujarnya kepada MNC Portal, Kamis (20/1/2022).

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut