get app
inews
Aa
Read Next : Kakek di Bangka Ditangkap Polisi, Diduga Cabuli Gadis 17 Tahun

Unik! Transplantasi Terumbu Karang Berbentuk Peta Indonesia, Ditenggelamkan di Bangka

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 07:05 WIB
header img
Peserta Peran Saka Nasional 2022, mengikat bibit karang pada media transplantasi berbentuk peta negara Indonesia. Foto : Lintasbabel.iNews.id/ Haryanto.

BANGKA, Lintasbabel.iNews.id - Transplantasi terumbu karang nusantara berbentuk pulau-pulau di Indonesia, ditenggelamkan di kawasan Wisata Pantai Tongachi, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (8/10/2022). Aksi tersebut, sebagai upaya edukasi ke masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem laut seperti karang. 

Kegiatan tersebut, dilakuan oleh peserta Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka (Peran Saka) Nasional 2022, yang sedang berkegiatan di Bumi Perkemahan Depati Amir, Desa Jada Bahrain, Kabupaten Bangka. 

Menggenakan pakaian adat daerahnya masing-masing, peserta Peran Saka dengan telaten memasang bibit karang pada subsrat yang terbuat dari semen. 

Karang-karang itu kemudian dibawa ke kawasan Wisata Pantai Tongachi Sungiliat Bangka. Bibit karang lalu diletakan pada sebuah media transplantasi yang terbuat dari besi dan semen cor.

Transplantasi terumbu karang nusantara dibuat berbentuk peta negara Indonesia. Foto : Lintasbabel.iNews.id/ Haryanto. 

Uniknya transplantasi terumbu karang dibuat berbentuk pulau-pulau seluruh provinsi di Indonesia. Setiap peserta meletakan tiap bibit karang sehat sesuai dengan daerahnya masing-masing. 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut