get app
inews
Aa Read Next : Kakek di Bangka Ditangkap Polisi, Diduga Cabuli Gadis 17 Tahun

Unik! Transplantasi Terumbu Karang Berbentuk Peta Indonesia, Ditenggelamkan di Bangka

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 07:05 WIB
header img
Peserta Peran Saka Nasional 2022, mengikat bibit karang pada media transplantasi berbentuk peta negara Indonesia. Foto : Lintasbabel.iNews.id/ Haryanto.

BANGKA, Lintasbabel.iNews.id - Transplantasi terumbu karang nusantara berbentuk pulau-pulau di Indonesia, ditenggelamkan di kawasan Wisata Pantai Tongachi, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (8/10/2022). Aksi tersebut, sebagai upaya edukasi ke masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem laut seperti karang. 

Kegiatan tersebut, dilakuan oleh peserta Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka (Peran Saka) Nasional 2022, yang sedang berkegiatan di Bumi Perkemahan Depati Amir, Desa Jada Bahrain, Kabupaten Bangka. 

Menggenakan pakaian adat daerahnya masing-masing, peserta Peran Saka dengan telaten memasang bibit karang pada subsrat yang terbuat dari semen. 

Karang-karang itu kemudian dibawa ke kawasan Wisata Pantai Tongachi Sungiliat Bangka. Bibit karang lalu diletakan pada sebuah media transplantasi yang terbuat dari besi dan semen cor.

Transplantasi terumbu karang nusantara dibuat berbentuk peta negara Indonesia. Foto : Lintasbabel.iNews.id/ Haryanto. 

Uniknya transplantasi terumbu karang dibuat berbentuk pulau-pulau seluruh provinsi di Indonesia. Setiap peserta meletakan tiap bibit karang sehat sesuai dengan daerahnya masing-masing. 

Oleh kakak-kakak pramuka, rumah ikan buatan ini lalu ditenggelamkan dan disusun di dalam air yang berjarak beberapa meter dari bibir pantai. 

"Transplantasi terumbu karang nusantara ini merupakan hal yang sangat bagus dan inspiratif, tentunya ini akan kami kembangkan di seluruh tanah air. Setelah andik-adik pramuka ini kembali ke daerahnya masing-masing bisa dikembangkan menanam kembali terumbu karang seperti ini," kata Waka Kwartir Pramuka Nasional, Hasto Pratisto. 

Transplantasi terumbu karang nusantara, pertama kali dilakukan di Indonesia dan akan dilaksanakan secara berkelanjutan di seluruh provinsi oleh anggota pramuka. 

"Terumbu karang ini akan memberikan kehidupan yang nyaman bagi kehidupan mahluk laut seperti ikan, yang tentunya bermanfaat juga bagi kelangsungan hidup manusia," ujarnya. 

Kegiatan ini buah kreatif peserta Peran Saka Nasional, sebagai upaya menjaga kelestarian alam bawah laut dan mengedukasi masyarakat pentingnya menjaga ekosistem laut. 

Para peserta Peran Saka Nasional melakukan transplantasi terumbu karang nusantara. Foto : Lintasbabel.iNews.id/ Haryanto. 

"Ini dilakukan oleh peserta Peran Saka Nasional Tahun 2022, perwakilan seluruh provinsi se Indonesia. Ini mengkiaskan bahwa adik-adik pramuka bersatu dalam bingkai NKRI, kemudian membuat terumbu karang yang merupakan pesan bahwa Indonesia betul-betul harus menjaga laut. Karena di laut kita kuat," Wakabina Muda Kwarda Kepulauan Babel, Muhammad Irham

Diharapkan, melalui kegiatan ini mayarakat teredukasi dan ikut serta menjadi agen pelestari dan penjaga ekosistem di dalam laut. Sebab terumbu karang memiliki pengaruh besar bagi kelimpahan populasi ikan di perairan. 

"Hari ini sungguh sangat luar biasa, kami berkumpul dari seluruh provinsi se Indonesia bersatu bersama dalam kegiatan transplantasi terumbu karang nusantara. Kami sangat bangga bersama bisa mereklamasi terumbu karang yang ada di Bangka Belitung," ucap Peserta Peran Saka Nasional asal Banten, Parhan. 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut