get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

Api Obor PORPROV VI Membara dari Aek Anget Desa Kundi

Minggu, 20 Agustus 2023 | 11:46 WIB
header img
Api Porprov VI Bangka Belitung saat berada di Sumber Air Hangat Desa Kundi, Kecamatan Simpang Teritip. Foto: Istimewa.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Kawasan Aek Anget yang terletak di Desa Kundi Simpang Teritip menjadi titik bersejarah pada saat pagelaran PORPROV VI 2023 berlangsung. Hal tersebut disebabkan kirab api obor yang menjadi penanda dibukanya pesta olahraga empat tahunan antar provinsi di Bangka Belitung, dinyalakan dan mulai dikirab dari tempat tersebut, Minggu (20/8/2023). 

Ratusan warga sekitar berkumpul dan menyaksikan peristiwa pengambilan api yang dimulai dari kawasan Aek Anget hingga prosesi pengantaran obor ke lapangan Desa Kundi. 

Para pelajar setempat turut mengikuti prosesi kirab api obor dengan berbaris rapi memasang pagar betis sepanjang jalan, diantara mereka juga ada yang menaiki sepeda hias sambil mengikuti rombongan kirab dari belakang. 

Kawasan Aek Anget Desa Kundi, dijelaskan Bong Ming Ming, dipilih dari sekian tempat di Kabupaten Bangka Barat sebagai titik awal kirab api obor, salah satunya bertujuan untuk mengenalkan potensi destinasi wisata yang dimiliki wilayah tersebut. 

"Mudah-mudahan dengan pengambilan api PORPROV ini, Aek Anget Desa Kundi jadi terkenal dan menjadi salah satu destinasi wisata khususnya di Kabupaten Bangka Barat ini. Bapak-bapak, ibu-ibu, mohon doa restunya, semoga prosesi pengantaran api PORPROV ini bisa sampai ke tempat tujuannya, sampai ke kauldron nanti, dan insya Allah itu akan dilakukan pada tanggal 22 di Stadion Sejiran Setason," ujarnya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut