get app
inews
Aa Read Next : Sukirman Koordinasi dengan ASDP Soal Pencegahan Peredaran Narkoba di Pelabuhan Tanjung Kalian

Apresiasi Acara Sedekah Adat Desa Terentang, Sukirman Minta Pemuda Jaga Kekompakan dan Lestarikan T

Selasa, 04 Juli 2023 | 18:43 WIB
header img
Bupati Bangka Barat, Sukirman saat menyumbangkan lagu di acara sedekah adat Desa Terentang. Foto: Istimewa.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Ribuan masyarakat Desa Terentang, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat menggelar sedekah adat sejak Minggu (2/7/2023) lalu. Sedekah ini diadakan masyarakat setempat sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen dan khatamnya anak-anak dalam mengaji Al Quran. 

Acara sedekah adat disambut antusias oleh masyarakat setempat dan tamu yang hadir dengan begitu luar biasa kemeriahannya. Berbagai kegiatan dilakukan oleh masyarakat setempat hingga sesi penutupan yang dilakukan pada Senin (3/7/2033) malam. 

Seperti lomba membuat sadu-sadu (kendaraan yang digunakan untuk mengangkut peserta arak-arakan) dan membuat dodol. Serta ada penampilan tari adat kampung Selasih Sesudu sebagai tradisi penyambutan untuk para tamu yang datang. 

Bupati Bangka Barat, Sukirman yang turut hadir di acara penutupan ikut menyumbangkan beberapa tembang lagu. Beberapa diantaranya berjudul Al Anak Kampung, Bangka Barat Maju dan Ikan Dalam Kolam. 

Sukirman mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh masyarakat Desa Terentang. Ia meminta kerukunan dan kekompakan antar masyarakat setempat terus dijaga dan dilestarikan. 

"Kami mengapresiasi kepala desa serta masyarakat Terentang dengan sedekah adat yang dimulai dengan kresasi anyaman rotan berbentuk burung ,pesawat terbang dan kreasi lainnya. Kemudian ditumpangi para peserta hataman Alquran keliling kampung terus ke masjid, malamnya acara hiburan rakyat," kata Sukirman, Selasa (4/7/2023). 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut