get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

BPBD Catat Puluhan Kejadian Bencana Terjadi di Bangka Barat, 6 Orang Meninggal Dunia

Selasa, 20 Juni 2023 | 17:02 WIB
header img
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bangka Barat, Achmad Nursyandi. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Rizki Ramadhani.

Sejumlah kendala dihadapi oleh BPBD, Achmad Nursyandi menyampaikan diantaranya permasalahan kerusakan alam, cuaca ekstrem hingga peralatan. 

"Kendala faktor alam adanya kerusakan lingkungan yang di sebabkan banyak faktor. Misalnya ada pohon-pohon yang seharusnya bisa berfungsi bisa menyimpan cadangan air. Kemudian ada juga sungai yang seharusnya berfungsi mengalirkan air tapi mengalami penyempitan," tuturnya. 

"Terus ada dari cuaca ekstrem, contohnya baik dampak dari lamina atau curah hujan tinggi. Terus akhir-akhir ini ada efek dari el Nino atau panas yang menyebabkan kebakaran," tambahnya. 

Menghadapi serangkaian peristiwa bencana ini, berbagai upaya penanggulangan yang dilakukan oleh BPBD Bangka Barat. Mulai dari tahapan pra bencana, bencana, hingga pasca bencana. 

"Kegiatan upaya pencegahan dan kesiapsiagaan mulai dari mengaktifkan pos jaga, kegiatan edukasi ke masyarakat, kegiatan pembentukan relawan serta pembentukan desa dan kelurahan tanggap bencana, dan kerjasama antar lintas sektor TNI Polri dan berbagai intansi lainnya," ucapnya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut