get app
inews
Aa Read Next : Kurban Polri Presisi, Polda Babel Sembelih 34 Hewan Kurban di Momen Idul Adha 1444H

DPKP Babel Temukan Kasus Penyakit PMK dan LSD pada Hewan Kurban di 4 Wilayah

Kamis, 15 Juni 2023 | 15:03 WIB
header img
Menjelang Idul Adha 1444H/2023, hewan kurban di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) masih dibayangi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) serta  Lumpy Skin Disease (LSD). Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Irwan Setiawan.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Menjelang Idul Adha 1444H/2023, hewan kurban di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) masih dibayangi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) serta  Lumpy Skin Disease (LSD). Hal ini dinilai bisa menurunkan produktifitas hewan kurban. 

Sub Koordinator Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kepulauan Babel, Drh Correy Wahyu Adi Sulistyo mengatakan, serangan PMK dan LSD sudah menyebar di berbagai daerah di Babel. 

"Saat ini PMK sudah muncul lagi di Kabupaten Bangka dan Belitung Timur," kata Correy, Kamis (15/6/2023).

Lebih lanjut Correy menuturkan, untuk mengantisipasi penyebaran kedua penyakit tersebut, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Babel sudah melakukan vaksinasi kepada hewan kurban di Babel. 

"Sudah dilakukan pengobatan oleh kawan-kawan, sapi yang kena PMK ini umumnya baru divaksin sekali dari daerah asal, sehingga rentan muncul lagi. Namun biasanya kesembuhannya lebih cepat, dibanding jika tidak divaksin sama sekali. Pengobatan sudah dilakukan, diharapkan H-7 sudah sembuh, gejala luka di mulut dan kuku hilang, sudah bisa dan layak dijadikan hewan kurban," ujarnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut