get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

TPA Air Belo Overload, DLH Bangka Barat Siapkan Tempat Pengganti di 2024 Mendatang

Jum'at, 02 Juni 2023 | 15:30 WIB
header img
Kondisi terkini TPA Air Belo Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, yang sudah overload dipenuhi tumpukan sampah. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Rizki Ramadhani.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) milik pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat kondisinya saat ini cukup memprihatinkan. Sebab, TPA yang terletak di Desa Air Belo, Kecamatan Mentok ini sudah overload atau sudah tidak mampu lagi menampung sampah yang masuk setiap harinya. 


Kondisi terkini TPA Air Belo Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, yang sudah overload dipenuhi tumpukan sampah. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Rizki Ramadhani.
 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Babar, Syafriadi Chandra mengatakan jumlah produksi sampah di Kecamatan Mentok saja per harinya mencapai 20 ton. Sedangkan luas area TPA Air Belo secara keseluruhan hanya sekitar 5 hektare dan terus beroperasi sejak 5 tahun terakhir. 

Menyikapi hal tersebut, pihaknya kata Syafriadi Chandra sedang berupaya untuk membangun TPA baru di tahun 2024 mendatang. Ia mengestimasi biaya pembangunan TPA baru sebesar Rp40 miliar. 

"Betul, kita saat ini sedang berupaya di tahun 2024 sudah rampung TPA baru dengan luas sekitar 20 hektare melalui anggaran pusat dengan estimasi dana sekitar Rp40 miliar. Karena kita sudah berkoordinasi dengan pihak balai kementerian kemarin dan ada dana segitu," kata Chandra, Jumat (2/6/2023). 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut