get app
inews
Aa Read Next : Peringati Hari Gizi Nasional, Laznas Yakesma Babel Bawa Nanas ke TK Biruni

Menuju Indonesia Emas 2045 Tanpa Stunting

Rabu, 31 Mei 2023 | 19:16 WIB
header img
Melati Erzaldi, Founder Sekuntum Melati. Foto: Istimewa.

MENTERI PPN/Kepala Bappenas RI, Suharso Monoarfa saat memimpin Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) dalam rangka Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 di Bali Nusa Dua Convention Center, Senin (22/5) lalu menyatakan, RPJPN 2025-2045 bertema Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan tersebut menjadi pedoman dalam mencapai Visi Indonesia Emas 2045.

Dalam konteks visi pembangunan "Indonesia Emas 2045" itu, merupakan visi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju dan berdaulat secara ekonomi pada tahun 2045, yang merupakan tahun peringatan 100 tahun kemerdekaan Indonesia.

Visi ini mencakup berbagai aspek pembangunan, termasuk pertumbuhan ekonomi, pembangunan infrastruktur, inovasi teknologi, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Namun, perlu dicatat bahwa ini adalah tujuan jangka panjang yang membutuhkan upaya kolaboratif dari berbagai sektor dan pemangku kepentingan di Indonesia.

Salah satu aspek untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 itu adalah peningkatan kualitas sumberdaya manusia. Menciptakan generasi unggul dan produktif adalah mutlak dilakukan sebagai langkah keberlanjutan pembangunan. 

Generasi unggul ini akan menjadi tulang punggung pembangunan negara di masa depan. Dengan menyiapkan mereka dengan pendidikan, keterampilan, dan pengetahuan yang baik, mereka akan menjadi sumber daya yang berharga dalam mengatasi tantangan dan memajukan negara ke depan. 

Generasi unggul yang memiliki keterampilan, pemahaman budaya, dan kemampuan beradaptasi akan memiliki daya saing yang lebih baik di pasar global. Mereka akan mampu bersaing dalam dunia kerja yang semakin kompetitif dan dapat menghasilkan inovasi yang diperlukan untuk kemajuan ekonomi.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut