get app
inews
Aa Read Next : PJ Gubernur Babel Resmikan BKK, Menjadi Garda Terdepan dalam Pengendalian Penyakit Menular

100 Lulusan SMA/SMK se-Babel Ikuti Program Magang Selama 5 Bulan di 10 Perusahaan

Kamis, 01 Juli 2021 | 16:22 WIB
header img
Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Abdul Fatah memberikan sambutan pada acara pembukaan Program Pemagangan. Foto: Humas Pemprov/ Iyas Zi.

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kembali menggelar Program Pemagangan Dalam Negeri Berbasis Pengguna (Perusahaan/Dunia Usaha dan Dunia Industri). Sebanyak 100 orang siswa lulusan SMA dan SMK se-Babel, akan melaksanakan program magang selama 5 bulan di 10 perusahaan yang sudah ditujuk di Bangka maupun Belitung. Peserta akan mendapat uang saku yang berasal dari APBD Pemprov Babel.

Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Abdul Fatah dalam sambutannya pada acara pembukaan program pemagangan, Kamis (1/7/2021) bertempat di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur mengungkapkan, program pemagangan ini dalam rangka menyiapkan tenaga kerja yang berkompetensi.

"Ini adalah perjalanan lanjut kawula muda melalui karirnya ke dunia usaha dan industri. Kita mau posisi dari kawula muda, mereka harus aktif dalam misi kita, bahwa tidak hanya diarahkan permintaan pasar lokal dan bisa melakukan keluar dari Babel," ujarnya.

Wagub berharap kepada para perusahaan yang menerima pemagangan ini, dapat menganggap para peserta pemagangan seperti karyawan sendiri. 

"Bantu mereka pengetahuan dan potensinya akan meningkat setelah pemagangan ini," harap Abdul Fatah.

Abdul menambahkan, dengan bekal ilmu yang sudah dimiliki, para peserta magang dapat menyiapkan kebutuhan di dunia usaha atau industri. 

"Kawula muda ini yang memiliki kemampuan dan layak masuk ke dunia usaha, kita bangun SDM Babel yang etos kerja yang tinggi, mandiri dan mampu bersaing," ungkapnya.

Sementara, Kepala Disnaker Kepulauan Babel, Elfiyena berpesan bagi peserta agar dapat serius mengikuti program pemagangan ini, karena tidak menutup kemungkinan para peserta dapat direkrut oleh perusahaan.

"Ini salah satu upaya pemerintah menyalurkan anak yang sudah tamat sekolah, sehingga mereka bisa mempunyai kemampuan, serta menekan angka penganguran di Babel. Saya harap tidak hanya di Babel aja tetapi nasional maupun internasional, mari kita bergerak bersama-sama memajukan tenaga2 yang terampil," ujar Elfiyena.

 

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut