get app
inews
Aa Read Next : Inter Milan Tersingkir dari Liga Champions dalam Drama Adu Penalti

EURO 2020 : Menanti Kiprah Ukraina, Wakil Grup C yang Tersisa

Rabu, 30 Juni 2021 | 22:32 WIB
header img
Gol telat Artem Dovbyk yang akhirnya menyingkirkan Swedia dari ajang EURO 2020.

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Raksasa sepakbola dunia, Belanda harus merelakan tim kuda hitam Ukraina untuk menjadi wakil satu-satunya dari grup C yang lolos ke perempat final EURO 2020. Walaupun berstatus jawara grup C dengan poin sempurna, Belanda harus tersingkir setelah dihajar 2 gol tanpa balas oleh Republik Ceko pada babak 16 besar.

Perjalanan Ukraina dipentas termegah sepakbola eropa tidak bisa dibilang mulus. Pada laga awal fase grup, tim asuhan mantan bintang AC Milan, Andriy Shevchenko ini, takluk 2-3 dari Belanda. Pada laga kedua kontra Makedonia Utara yang berlangsung di National Arena, Bucharest, Romania, Kamis (17/6/2021) malam WIB, Ukraina membuka asa dengan menang tipis 2-1. 

Meskipun tunduk dari Austria (0-1) pada laga pamungkas grup C, 3 poin dari kemenangan atas Makedonia Utara cukup untuk mengantarkan negara pecahan Uni Soviet ini mengamankan tiket 16 besar.

Di fase knock out, Ukraina berhasil mengukir sejarah untuk pertama kali melaju ke babak perempat final, setelah secara dramatis menyingkirkan Swedia (2-1), dan menantang timnas Inggris, salah satu tim favorit juara EURO 2020 yang sebelumnya secara meyakinkan menyingkirkan kandidat juara lainnya, Jerman dengan dengan skor telak 2-0.

Sangat menarik untuk menantikan sihir Andriy Shevchenko dalam laga krusial menghadapi legiun bertabur bintang Inggris, yang dalam turnamen kali ini belum kebobolan satu gol pun. 

Sekalipun tidak diunggulkan, Ukraina tetap memiliki kans untuk dapat mengukir sejarah yang lebih tinggi lagi, karena inilah sepak bola, segala kemungkinan mungkin saja terjadi.

 

Berikut skuad Ukraina pada EURO 2020

Kiper : Georgiy Bushchan (Dynamo Kyiv), Andriy Pyatov (Shakhtar Donetsk), Anatolii Trubin (Shakhtar Donetsk).

Belakang : Oleksandr Karavaev (Dynamo Kyiv), Serhiy Kryvtsov (Shakhtar Donetsk), Mykola Matviyenko (Shakhtar Donetsk), Vitaliy Mykolenko (Dynamo Kyiv), Denys Popov (Dynamo Kyiv), Eduard Sobol (Club Brugge), Oleksandr Tymchyk (Dynamo Kyiv), Illia Zabarnyi (Dynamo Kyiv), Oleksandr Zinchenko (Manchester City).

Tengah : Roman Bezus (Gent), Yevhen Makarenko (Kortrijk), Ruslan Malinovskyi (Atalanta), Marlos (Shakhtar Donetsk), Mykola Shaparenko (Dynamo Kyiv), Taras Stepanenko (Shakhtar Donetsk), Heorhii Sudakov (Shakhtar Donetsk), Serhiy Sydorchuk (Dynamo Kyiv), Viktor Tsygankov (Dynamo Kyiv).

Depan : Artem Besedin (Dynamo Kyiv), Artem Dovbyk (Dnipro-1), Roman Yaremchuk (Gent), Andriy Yarmolenko (West Ham), Oleksandr Zubkov (Ferencváros).

Pelatih : Andriy Shevchenko

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut