get app
inews
Aa
Read Next : Inter Milan Tersingkir dari Liga Champions dalam Drama Adu Penalti

Deretan Pemain Terbaik EURO 2020

Senin, 12 Juli 2021 | 12:03 WIB
header img
Italia menjadi juara EURO 2020. Foto: UEFA.

LONDON, lintasbabel.id - Pesta perhelatan sepakbola 4 tahunan, Euro 2020 usai sudah. Italia menjadi Raja Eropa dan berhak membawa trofi ke Roma setelah mengalahkan Inggris lewat drama adu penalti dengan skor 3-2.

Bermain di Stadion Wembley, Inggris, Senin (12/7/2021), kedua tim bermain imbang 1-1 hingga babak tambahan. Laga pun dilanjut dengan adu penalti. Dewi Fortuna masih memihak Italia.

Euro 2020 juga menelurkan pemain-pemain terbaik. Siapa saja mereka, berikut penerima gelar individu di Euro 2020:

Top Skor: Cristiano Ronaldo
Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo, menjadi top skor Euro 2020 dengan torehan lima golnya. Koleksi gol Ronaldo sejatinya sama dengan penyerang Republik Ceko, Patrik Schick.

Namun, Ronaldo berhak atas sepatu emas karena satu assist-nya saat Portugal kalah 2-4 dari Jerman. Sekadar informasi, sejak Piala Eropa 2008, assist menentukan gelar top skor Piala Eropa jika ada dua pemain dengan jumlah gol sama.

Pemain Muda Terbaik: Pedri
Gelandang Spanyol, Pedri memang tampil mengejutkan di Euro 2020. Pemain berumur 18 tahun itu menjadi metronome baru di lini tengah La Furia Roja. 

Pedri menjadi pilihan utama di lini tengah Spanyol meski ada nama besar, seperti Thiago Alcantara hingga Rodri. Kepercayaan Pelatih Spanyol, Luis Enrique, kepada Pedri dibayar dengan penampilan apik di Euro 2020.

Pemaik Terbaik: Gianluigi Donnarumma
Penghargaan pemain terbaik Euro 2020 jatuh ke tangan kiper Itaia, Gianluigi Donnarumma. Kiper 22 tahun itu dinilai sebagai pahlawan Italia merengkuh trofi Henri Delaunay untuk kedua kalinya setelah 1968.

Donnarumma layak mendapatkan penghargan itu setelah tampil gemilang sejak fase grup. Penampilan apik Donnarumma membantu Italia melenggang hingga ke partai puncak.

Peran Donnarumma terlihat makin vital jika menilik kemenangan Italia di semifinal dan final yang melalui adu penalti. Penyelamatan Donnarumma dalam momen krusial itu yang membantu Italia meraih trofi Piala Eropa kedua mereka.

Donnarumma kini sejajar dengan kiper legendaris Denmark 1992, Peter Schmeichel. Saat itu Schmeichel juga membawa Denmark juara Euro 1992.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut