get app
inews
Aa Read Next : Sungai-sungai Terpanjang di Dunia Berhenti Mengalir, Apakah Pertanda Kiamat

Ketika Sains Menguak tentang Kehidupan Setelah Kematian

Kamis, 02 Maret 2023 | 17:22 WIB
header img
Seorang profesor menemukan bukti bahwa kehidupan akhirat setelah kematian seseorang, memang benar adanya. Foto: Ilustrasi roh meninggalkan jasad/ Hello-pet

Bagian lain dari "Surviving Death" menyelidiki fenomena yang dapat diuji, seperti manifestasi fisik selama séance.

"Itu adalah demarkasi antara agama, di mana Anda memiliki klaim yang tidak dapat diuji, dan paranormal atau parapsikologi, di mana sebagian besar dapat diuji dan sebagian besar telah diuji," kata Wiseman kepada Live Science.

Misalnya, film dokumenter tersebut secara tidak kritis membahas Franek Kluski, seorang medium Polandia yang mengklaim dapat memanifestasikan roh yang akan mencelupkan tangan mereka ke dalam cetakan lilin dan membuat cetakan tangan yang tidak mungkin dibuat sendiri oleh medium tersebut. Pada tahun 1920, seorang peneliti Prancis melakukan apa yang dikatakannya sebagai eksperimen terkontrol dari teknik Kluski dan tidak dapat menemukan bukti bahwa Kluski berpura-pura.

Namun film dokumenter tersebut gagal menyebutkan batasan eksperimen ini (seperti fakta bahwa Kluski tidak digeledah sebelum séance). Juga gagal memberikan kepercayaan pada kesaksian para penyihir yang mendemonstrasikan bagaimana mereka bisa membuat "tangan roh" dengan sarung tangan karet.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut