get app
inews
Aa Read Next : Apa Itu Senyawa Amina? Temukan Jawabannya di Sini Lengkap dengan Contohnya di Kehidupan Sehari-hari

Apa itu Asam Benzoat, Senyawa yang Kerap Dipakai untuk Mengawetkan Makanan

Rabu, 01 Maret 2023 | 17:27 WIB
header img
Asam benzoat banyak digunakan pada industri manufaktur sebagai pengawet, penambah rasa atau aroma, juga untuk mengatur pH agar makanan awet (tahan lama). Foto: Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Apa itu Asam Benzoat? Kamu bisa menemukan jawabannya, pada artikel berikut ini. Asam benzoat banyak digunakan pada industri manufaktur sebagai pengawet, penambah rasa atau aroma, juga untuk mengatur pH agar makanan awet (tahan lama).


Senyawa ini berbentuk padatan kristal berwarna putih dan merupakan asam karbosilat aromatik yang paling sederhana. Foto: net.
 

Rumus asam benzoat adalah C7H6O2 (atau C6H5COOH). Senyawa ini berbentuk padatan kristal berwarna putih dan merupakan asam karbosilat aromatik yang paling sederhana.

Produk yang dihasilkan dari senyawa ini adalah makanan dan minuman, parfum, pewarna, obat oles, kosmetik, hingga pengusir serangga.

Asam Benzoat adalah senyawa alami yang bisa ditemukan pada buah seperti cranberry dan plum.

Azam benzoat hanya aktif dalam lingkungan asam dengan pH 2,5 - 4,5. Senyawa ini tergolong aman jika digunakan dalam jumlah kecil pada makanan. Untuk penggunaan sebagai pengawet makanan, asam benzoat digunakan dalam kadar 0,01 - 0,2 persen.

Asam benzoat biasanya ditambahkan ke dalam produk-produk yang mengandung air dalam bentuk sodium benzoat, seperti garam. Hal ini karena asam benzoat sulit larut dalam air.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut