get app
inews
Aa Read Next : Senyawa dengan Ikatan Kovalen Tunggal

Contoh Senyawa Non Elektrolit

Jum'at, 11 Agustus 2023 | 18:58 WIB
header img
Contoh Larutan Non Elektrolit. Foto: Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Contoh senyawa non elektrolit bisa kamu temui di dalam artikel berikut ini. Berdasarkan muatan listriknya, larutan dibedakan menjadi dua yaitu larutan elektrolit dan larutan non elektrolit.

Larutan elektrolit adalah larutan yang memiliki partikel-partikel berupa ion-ion yang dapat menghantarkan listrik. Sementara Larutan non elektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan listrik karena zat-zat yang dilarutkan tidak menghasilkan ion atau tidak mengalami ionisasi sama sekali. 

Apa saja contoh larutan non elektrolit? Berikut adalah penjelasannya!

Contoh Senyawa Non Elektrolit

1. Gula

Gula adalah suatu sumber energi yang berupa karbohidrat sederhana. Senyawa yang terdapat pada gula adalah senyawa kovalen dan tidak terdapat senyawa ion.

2. Glukosa – C6H12O6

Glukosa adalah jenis gula berbentuk sederhana yang dapat disalurkan melalui darah dan disimpan di dalam sel otot dan sel hati. Glukosa tidak dapat membentuk ion-ion dalam pelarutnya dan tidak dapat terionisasi dalam larutan.

3. Sukrosa – C12H22O11

Sukrosa adalah jenis gula yang belum sederhana seperti glukosa dan fruktosa. Sukrosa ini akan dipecah dahulu dengan bantuan enzim yang bernama beta-fruktosidase. Lalu, dipecah menjadi glukosa dan fruktosa yang mana masuk ke dalam jalur metabolisme.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut