get app
inews
Aa Read Next : Menkeu Bagikan Insentif Rp4 Triliun ke Pemda yang Sukses Kendalikan Inflasi

Profil Rafael Alun Trisambodo, Pejabat DJP yang Hartanya Hampir Menyamai Menkeu Sri Mulyani

Jum'at, 24 Februari 2023 | 17:54 WIB
header img
Profil Rafael Alun Trisambodo yang ternyata punya harta kekayaan hampir menyamai Menkeu Sri Mulyani. Dia dicopot dari jabatannya di DJP Kemenkeu, imbas ulah anaknya. Foto: kolase MPI/DJP

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Profil Rafael Alun Trisambodo, ramai diperbincangkan publik di Tanah Air. Dia baru saja dicopot oleh Menkeu Sri Mulyani dari jabatan di Dirjen Pajak (DJP). Pencopotan Rafael buntut kasus penganiayaan yang dilakukan anaknya Mario Dandy Satrio kepada putra petinggi GP Ansor, David beberapa waktu lalu.

Selain kasus di atas, Rafael juga mendapat sorotan buplik, karena memiliki total harta kekayaan yang fantastis, yaitu Rp56,10 miliar, berdasarkan laporan LHKPN per 31 Desember 2021.

Profil Rafael Alun Trisambodo

Rafael Alun Trisambodo, adalah pejabar Eselon III di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI, dan menjabat sebagai Kepala Bagian Umum Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kanwil Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Rafael pada tahun 2013 menjabat sebagai Kepala Bidang Pemeriksaan Penyidikan dan Penagihan Pajak Kanwil DJP Jawa Tengah I.

Dua tahun kemudian, atau tahun 2015, dia menjabat sebagai Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Pada 2017 dia mendapat promosi sebagai Kepala Bidang Pemeriksaan Penyidikan dan Penagihan Kanwil DJP Jawa Timur I. Di sini Rafael bertugas mengusut para wajib pajak yang ngemplang pajak.

Setahun kemudian dia menjabat sebagai Kepala Kantor Pelayanan Pajak Modal Asing II. Dan jabatan terakhirnya sebelum dicopot Menkeu Sri Mulyani adalah Kabag Umum DJP Kanwil Jaksel.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut