get app
inews
Aa Read Next : 1.000 Warga Babel Terima Bantuan Pasang Listrik Gratis

Mengenal Larutan Elektrolit dan Larutan Non Elektrolit

Selasa, 07 Februari 2023 | 18:23 WIB
header img
Dalam ilmu Kimia, larutan ada beberapa jenis, diantaranya larutan elektrolit dan larutan non elektrolit. Apa saja ciri-cirinya, simak ulasan di dalam artikel berikut ini. Foto: Istimewa.


Larutan Elektrolit Kuat

Larutan Elektrolit Kuat adalah larutan elektrolit yang terurai sempurna menjadi ion atau mengalami ionisasi sepenuhnya dalam larutan air atau dalam keadaan lebur. Karena sifat inilah larutan yang dapat menghantarkan listrik paling baik adalah larutan yang masuk dalam kelompok larutan elektrolit kuat. 

Ciri-ciri larutan elektrolit kuat yaitu larutan yang sepenuhnya terionisasi untuk membentuk ion bebas ketika dilarutkan, dan tidak ada molekul netral yang terbentuk dalam larutan. Artinya, semakin banyak tersedianya ion bebas dalam suatu elektrolit, semakin besar kapasitasnya untuk membawa atau menghantarkan arus listrik.

Larutan elektrolit kuat selalu terdiri dari asam kuat, basa kuat dan garam. Contoh larutan elektrolit kuat yang paling mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah garam dapur. Garam sendiri memiliki molekul yang dapat terionisasi jika dilarutkan, dan akan memberikan larutan tersebut kemampuan untuk menghantarkan listrik.

Garam dapur padat tidak dapat menghantarkan listrik, tetapi ketika garam dilarutkan, ion-ionnya yang dapat bergerak bebas dalam larutan, dan memungkinkan muatan mengalir. Sedangkan, ion-ion garam dalam keadaan padat terikat dengan gaya antar partikel yang kuat. Oleh karena itu, mereka tidak bebas bergerak dalam keadaan padat dan tidak dapat menghantarkan listrik.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut