get app
inews
Aa Read Next : Senyawa dengan Ikatan Kovalen Tunggal

Sifat Koligatif Larutan: Pengertian, Manfaat dan Contoh Soal

Selasa, 20 Juni 2023 | 20:11 WIB
header img
Sifat Koligatif Larutan, pengertian, manfaat dan contoh soalnya bisa kamu temukan dalam artikel berikut ini. Foto: Ilustrasi/ Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Sifat Koligatif Larutan, pengertian, manfaat dan contoh soalnya bisa kamu temukan dalam artikel berikut ini. Koligatif Larutan merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran Kimia tingkat SMA.

Pengertian Sifat Koligatif Larutan

Dasar dari sifat koligatif terdapat dalam Hukum Roult, dimana koligatif berasal dari kata colligare yang berarti berkumpul bersama. 

Dilansir dari buku Chemistry 10th Edition karya Raymond Chang, sifat koligatif larutan adalah sifat yang hanya bergantung pada jumlah partikel larutan dalam suatu larutan dan tidak bergantung pada sifat aalmi partikel terlarut. 

Sifat koligatif larutan bergantung pada jumlah partikel terlarut saja, dalam bentuk atom, ion, maupun molekul. Jadi, semakin banyak zat terlarut, maka sifat koligatifnya juga akan semakin besar. 

Sifat koligatif merupakan sifat yang hanya memandang jumlah atau kuantitas, bukan kualitas. Sifat larutan seperti rasa, warna, dan kekentalan (viskositas) merupakan sifat-sifat yang bergantung pada jenis zat terlarut.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut