get app
inews
Aa Read Next : 1.000 Warga Babel Terima Bantuan Pasang Listrik Gratis

Mengenal Larutan Elektrolit dan Larutan Non Elektrolit

Selasa, 07 Februari 2023 | 18:23 WIB
header img
Dalam ilmu Kimia, larutan ada beberapa jenis, diantaranya larutan elektrolit dan larutan non elektrolit. Apa saja ciri-cirinya, simak ulasan di dalam artikel berikut ini. Foto: Istimewa.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Mengenal larutan elektrolit dan larutan non elektrolit, bisa kamu simak dalam ulasan berikut ini. Larutan berbeda dengan air yang umum kita kenal. Larutan merupakan suatu campuran yang bersifat homogen, yang terdiri dari dua atau lebih zat. Dia memiliki komposisi yang merata atau setiap bagian volumenya, akan memiliki komposisi atau sifat yang sama. 

Zat yang jumlahnya lebih sedikit disebut zat terlarut atau solut, dan zat yang jumlahnya lebih banyak daripada zat lain disebut pelarut. Contohnya seperti larutan gula, dimana gula adalah zat terlarut, dan air adalah pelarut.

Nah, dalam ilmu Kimia, larutan ada beberapa jenis, diantaranya larutan elektrolit dan larutan non elektrolit.

Larutan Elektrolit

Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. Menurut teori ionisasi Arrhenius, larutan elektrolit dapat menghantarkan listrik karena terdapat ion-ion yang bergerak bebas dalam larutan. Ion-ion tersebut yang berperan dalam menghantarkan arus listrik melalui larutan.

Berdasar proses pembentukan ion-ionnya (ionisasi), larutan elektrolit dibagi menjadi 2 jenis, yaitu larutan elektrolit kuat dan larutan elektrolit lemah. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut