get app
inews
Aa Read Next : Pesawat Susi Air Terbakar di Nduga Papua, Nasib Pilot dan Penumpang Belum Diketahui

Makna Lagu Daerah Apuse, Kisah Perpisahan Cucu dengan Kakek Neneknya

Jum'at, 27 Januari 2023 | 17:11 WIB
header img
Makna lagu daerah Apuse, dapat kamu simak dalam artikel berikut ini. Foto: unsplash/Asso Myron.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Makna lagu daerah Apuse, mungkin bagi sebagian besar masyarakat Indonesia belum begitu memahaminya. Padahal lagu ini mengandung makna yang sangat memilukan, yakni kisah seorang cucu yang berpisah dengan kakek dan neneknya.


Korinuns Mandosir, pencipta lagu Apuse. Foto: Sinyo/ Cepos.

Lagu Apuse sendiri, diciptakan oleh Korinus Mandosir dan dipopulerkan oleh Corry Rumiono. Lagu ini merupakan lagu daerah dari wilayah paling timud Indonesia yakni Provinsi Papua, tepatnya daerah Biak. Sang pencipta lagu Apuse sendiri sudah meninggal dunia pada tanggal 14 September 2022 lalu.

Kamu tentu familiar dengan lagu Garuda di Dadaku, bukan? Lagu wajib suporter sepak bola Timnas Indonesia. Nah, lagu itu iramanya mengambil dari lagu Apuse, lho. Hanya liriknya yang diganti.

Lagu Apuse paling sering dijadikan bahan pelajaran kesenian di Sekolah Dasar (SD) dan menjadi lagu pilihan dalam ajang perlombaan menyanyi lagu nasional.

Lagu Apuse memiliki irama yang indah dan sederhana, bahkan lagu ini sangat mudah untuk dinyanyikan mulai dari anak kecil sampai orang dewasa.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut