get app
inews
Aa Read Next : Cara Mengatasi iPhone Tidak Bisa Terhubung WiFi

Cara Mengatasi WiFi Terhubung, tapi Tidak Ada Koneksi Internet

Kamis, 26 Januari 2023 | 18:00 WIB
header img
Artikel berikut ini akan mengulas cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak ada koneksi internet. Simak sampai selesai, ya. Foto: Net.

Wifi sendiri adalah jaringan komputer lokal nirkabel atau tanpa kabel, yang menghubungkan dua atau lebih perangkat menggunakan komunikasi nirkabel, untuk membentuk jaringan area lokal atau disebut Local Area Network (LAN) dalam suatu area terbatas.

Wifi menggunakan gelombang radio dalam menyediakan akses internet tanpa kabel dengan kecepatan tinggi, menggunakan frekuensi antara 2 gigahertz sampai 5 gigahertz.

Sayangnya, tidak semua pengguna dapat memakai saluran wifi dengan optimal. Terkadang sering dijumpai, wifi sudah tersambung, tapi tidak ada koneksi internet yang terhubung.

Mengapa hal ini terjadi? Berikut ulasannya yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Mengapa Wifi Terhubung Tapi tidak Ada Koneksi Internet

1. Masalah Jaringan

Masalah pertama wifi terhubung tapi tidak ada koneksi internet adalah karena adanya gangguan jaringan. Faktornya seperti cuaca buruk, atau ada gangguan teknis dari provider layanan.

2. Router Error

Wifi terhubung tapi tidak ada koneksi internet, juga dapat disebabkan karena router. Router sendiri merupakan alat untuk memancarkan sinyal wifi. 

Jika wifi sudah terhubung tapi tidak ada jaringan internet, bisa jadi router sedang error. Kerusakan router yang parah bisa mengganggu penangkapan sinyal wifi.

3. Kesalahan Konfigurasi Perangkat

Kesalahan konfigurasi atau pengaturan koneksi dapat mengganggu tangkapan sinyal wifi. Hal ini yang kemudian mengakibatkan wifi terlihat terhubung tapi tidak ada koneksi internetnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut