get app
inews
Aa Read Next : Cara Mengatasi iPhone Tidak Bisa Terhubung WiFi

Cara Mengatasi WiFi Terhubung, tapi Tidak Ada Koneksi Internet

Kamis, 26 Januari 2023 | 18:00 WIB
header img
Artikel berikut ini akan mengulas cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak ada koneksi internet. Simak sampai selesai, ya. Foto: Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Cara mengatasi WiFi terhubung, tapi tidak ada internet akan menjadi ulasan pada artikel kali ini. Apa yang menjadi penyebab utama serta bagaimana mengatasinya? Simak penjelasannya sampai selesai, ya.

Internet rasa-rasanya sudah menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang. Terlebih di era yang serba digital seperti saat ini, sehari saja tidak memegang HP, atau sehari saja tidak terkoneksi internet, serasa hidup seseorang hampa.

Media sosial adalah platform paling tinggi yang digunakan para pengguna internet di Indonesia. Sejumlah penyedia layanan internet atau provider selular pun berlomba-lomba memberikan promo dengan harga miring, untuk menarik pangsa pasar yang lebih besar.

Maka jadilah setiap bulan, masyarakat di Indonesia wajib mengeluarkan biaya untuk sekedar membeli paket data atau membayar tagihan internet di rumah atau perkantoran.

Bagi yang tidak memiliki paket data internet di HP, menggunakan saluran WiFi adalah sebuah alternatif. WiFi gratis tanpa password saat ini sudah banyak tersedia, di tempat-tempat publik dan perkantoran.

Sebagian besar masyarakat menyangka Wifi adalah kepanjangan dari Wireless Fidelity. Padahal akronim itu salah. Justru Wifi tidak ada kepanjangan atau akronim, dia tanpa makna.

Wifi sendiri adalah jaringan komputer lokal nirkabel atau tanpa kabel, yang menghubungkan dua atau lebih perangkat menggunakan komunikasi nirkabel, untuk membentuk jaringan area lokal atau disebut Local Area Network (LAN) dalam suatu area terbatas.

Wifi menggunakan gelombang radio dalam menyediakan akses internet tanpa kabel dengan kecepatan tinggi, menggunakan frekuensi antara 2 gigahertz sampai 5 gigahertz.

Sayangnya, tidak semua pengguna dapat memakai saluran wifi dengan optimal. Terkadang sering dijumpai, wifi sudah tersambung, tapi tidak ada koneksi internet yang terhubung.

Mengapa hal ini terjadi? Berikut ulasannya yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Mengapa Wifi Terhubung Tapi tidak Ada Koneksi Internet

1. Masalah Jaringan

Masalah pertama wifi terhubung tapi tidak ada koneksi internet adalah karena adanya gangguan jaringan. Faktornya seperti cuaca buruk, atau ada gangguan teknis dari provider layanan.

2. Router Error

Wifi terhubung tapi tidak ada koneksi internet, juga dapat disebabkan karena router. Router sendiri merupakan alat untuk memancarkan sinyal wifi. 

Jika wifi sudah terhubung tapi tidak ada jaringan internet, bisa jadi router sedang error. Kerusakan router yang parah bisa mengganggu penangkapan sinyal wifi.

3. Kesalahan Konfigurasi Perangkat

Kesalahan konfigurasi atau pengaturan koneksi dapat mengganggu tangkapan sinyal wifi. Hal ini yang kemudian mengakibatkan wifi terlihat terhubung tapi tidak ada koneksi internetnya.

Lantas, bagaimana cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak ada koneksi internet? Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan, seperti dilansir dari IndiHome, Kamis (26/1/2023):

Cara Mengatasi Wifi Terhubung, Tapi Tidak Ada Koneksi Internet

1. Cek Pengaturan Perangkat

Jika wifi terhubung tapi tidak ada koneksi internet, ada baiknya memeriksa pengaturan koneksi pada perangkat atau HP. Pastikan perangkat tidak dalam mode pesawat atau driver ethernet dalam laptop sudah terpasang dan diperbaharui. 
 
2. Restart Router

Cara yang satu ini mudah sekali dilakukan oleh para pengguna terlebih pemilik wifi. Mematikan router, tunggu sekitar 30 detik, lalu hidupkan kembali. Setelah lampu DSL stabil, periksa kembali perangkat Anda, lalu sambungkan dengan jaringan wifi.

3. Perbaharui Driver Adaptor Wifi

Cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak ada koneksi internet selanjutnya adalah memperbaharui driver adaptor wifi itu sendiri. Caranya, yaitu:

-Klik kanan pada My Computer, lalu pilih Properties
-Klik kanan pada Driver Adaptor Wi-Fi, lalu pilih Update Driver Software

4. Ubah Mode Wifi

Berikutnya, Anda bisa mengatasi masalah wifi terhubung tapi tidak ada koneksi internet dengan cara mengubah mode wifi melalui perangkat apapun. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

-Masuk ke browser dan ketik 192.162.0.1
-Login dengan username dan password yang dimiliki atau gunakan username dan password Admin default
-Cari menu Wireless Setting dan ubah menjadi mode 11bgn mixed
-Save dan restart router untuk melengkapi proses perubahan mode Wi-Fi 

5. Hubungi Tim Support Provider Internet

Cara terakhir mengatasi masalah wifi terhubung tapi tidak ada koneksi internet adalah dengan menghubungi customer service atau call center dari penyedia layanan. Jangan lupa sampaikan masalah yang Anda alami lengkap dengan type perangkat pemancar wifi yang dimiliki serta sejumlah dokumen lainnya, karena pihak penyedia layanan akan menanyakan hal itu.

Itulah tadi cara mengatasi wifi tersambung tapi tidak ada koneksi internet, semoga bermanfaat!

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut