get app
inews
Aa Read Next : World Tourism Day 2023: Program Ramah Iklim dan Aksi Hijau

Sertifikasi dan Lisensi Pilot Drone Penting Bagi Pelaku Pariwisata

Kamis, 08 Juli 2021 | 22:12 WIB
header img
Teddy dan Rizky pemilik Stand Up Paddle Board Belitung.

BELITUNG, lintasbabel.id - Penggunaan drone menjadi nilai tambah bagi pariwisata Belitung, dikarenakan Negeri Laskar Pelangi itu memiliki bentang alam yang indah dan menarik untuk didokumentasikan lewat udara.

Drone yang merupakan pesawat terbang tanpa awak dengan remote kontrol sebagai pengendalinya. Belakangan menjadi alat pendukung berbagai pihak termasuk dunia fotografi dan videografi. Drone yang dilengkapi kamera mampu merekam foto dan video sesuai spesifikasinya saat diterbangkan. 

Oleh karenanya, kepada pelaku usaha pariwisata diharapkan memiliki sertifikat dan lisensi sebagai pilot drone untuk menunjang pariwisata Belitung.

Hal itu disampaikan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman kepada pelaku usaha water sport di Pantai Tanjung Tinggi Belitung, Rabu (07/07/21).

Saat berbincang dengan Teddy dan Rizky pemilik Stand Up Paddle Board Belitung, Gubernur Erzaldi menanyakan lisensi penerbangan maupun sertifikat pendukung sebagai seorang pilot drone kepada penyedia beragam fasilitas olahraga air dan dokumentasi bagi wisatawan yang ingin mengabadikan moment wisatanya.

Diakui Rizky, dirinya belum memiliki sertifiasi dan lisensi untuk menerbangkan sebuah drone.

"Semua saya pelajari secara otodidak, pak", ungkap Rizky saat ditanya oleh Gubernur Erzaldi.

Mendengar hal ini, Gubernur Erzaldi bahwa Pemprov Babel akan memfasilitasi sertifikasi drone ini, pihaknya akan mengundang peserta dari kalangan pelaku pariwisata di Belitung.

Karena penggunaan drone akan menjadi nilai tambah untuk menarik para wisatawan, terlebih di objek wisata seperti pantai yang sangat sulit bagi wisatawan untuk mengabadikan perjalanan wisata mereka. 

"Nanti UPT Pariwisata Babel segera tindaklanjuti kebutuhan ini untuk memfasilitasi kalian, kalian harus miliki sertifikasi dan linsensi ini karena sangat penting," ungkapnya.

Gubernur Erzaldi juga menjelaskan kepada Rizky, sertifikat dan lisensi harus dimiliki agar menambah kepercayaan wisatawan atas hasil dokumentasi wisata yang mereka hasilkan. 

"Selain itu, kalian terbekali profesionalisme untuk menjalankan usaha fasilitas dokumentasi yang ditawarkan kepada wisatawan," ungkapnya lagi. 

Sangat terbuka Rizky menyambut rencana orang nomor satu di Babel yang baru kali pertama berkesempatan bertemu.
 
"Saya senang sekali jika kami difasilitasi untuk mendapat sertifikat dan lisensi ini agar mendapat banyak ilmu yang tidak didapat dari belajar sendiri," ungkapnya berterima kasih.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut