get app
inews
Aa Read Next : Film 20 Days in Mariupol Raih Piala Oscar Kategori Dokumenter Terbaik

Cari Gara-Gara, Jet Tempur Rusia Jatuhkan Drone Pengintai AS di Perairan Internasional

Rabu, 15 Maret 2023 | 16:58 WIB
header img
Juru Bicara Pentagon Brigjen Pat Ryder. Foto: tangkapan layar CBS News.

LAUT HITAM, Lintasbabel.iNews.id - Jet Fighter SU-27 Rusia terlibat insiden jatuhnya drone MQ-9 Reaper AS di atas perairan Laut Hitam yang merupakan kawasan internasional.

Juru bicara Pentagon, Brigjen. Pat Ryder dalam keterangan pers yang ditayangkan CBS Evening News menyebutkan, bahwa drone tersebut kehilangan kendali setelah mengalami kerusakan di bagian propeler akibat benturan dengan salah satu dari jet tempur SU-27 Rusia.

"Mereka (SU-27) merusak bagian propeller sehingga UAV tidak bisa dikendalikan, menempatkannya dalam situasi tidak dapat terbang, tidak dapat dikendalikan," kata Brigjen Pat Ryder.

Insiden ini terjadi pada Selasa petang, 14 Maret 2023 dimana sebuah pesawat nir awak (UAV) milik Amerika Serikat sedang melakukan misi rutin berupa pengamatan di sekitar perairan Laut Hitam, tepatnya 45 mil barat daya Peninsilla Krimea yang merupakan wilayah penerbangan dan perairan internasional.

Saat melakukan tugasnya tersebut, tiba-tiba muncul dua jet tempur Rusia jenis SU-27 melakukan intersep dan manuver membuang bahan bakar ke arah UAV bernilai 32 juta Dollar AS atau sekitar Rp480 Milyar ini.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut