get app
inews
Aa Read Next : Posisi Strategis Pemuda dalam Pesta Demokrasi 2024 Sebagai Emansipasi Menghadapi Bonus Demografi

Rentan Dijadikan Sasaran Politik, Pemilih Pemula Berada di Zona Tidak Nyaman saat Pemilu

Kamis, 22 Desember 2022 | 17:44 WIB
header img
Komisioner Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sahirin, disela kegiatan sosialisasi di SMA N 1 Gantung Kabupaten Belitung Timur, Kamis (22/5/2022). Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Suharli.

BELITUNG TIMUR, Lintasbabel.iNews,id - Pemilih pemula bisa dibilang berada di zona tidak nyaman saat pelaksanaan Pemilu. Mereka dianggap rentan menjadi sasaran oknum tidak bertanggung jawab pada pemilu. Hal itu disampaikan oleh Komisioner Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Sahirin dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Belitung Timur (Beltim).

Bawaslu menganggap hal ini harus diantisipasi dengan memberikan pendidikan politik, kepada para pemilih pemula. Kali ini, puluhan siswa-siswi SMA Negeri 1 Gantung Kabupaten Beltim, diberikan sosialisasi pengawasan partisipatif pemilu oleh Bawaslu Provinsi Kepulauan Babel, bertajuk Bawaslu Goes to School.

Sahirin menyampaikan, pada momentum Pemilihan Umum (Pemilu) atau Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), jumlah pemilih pemula ini cukup banyak.

"Yang menjadi titik penting bagi kami, bahwa pemilih pemula ini kategori pemilih agak rawan, karena ini menjadi pengalaman pertama mereka terlibat dalam pemilu aktif," ujar Sahirin, Kamis (22/12/2022).

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut